Mau Kerja Lebih Efisien? Coba Teknik Pomodoro!

01:26 on September 6, 2017 by Westi Surya in Capture

Sering merasa 24 jam Stars people kurang maksimal meski telah mencoba banyak cara? Bisa jadi kelola waktunya yang kurang tepat. Coba saja “Teknik Pomodoro”. Teknik ini ditemukan Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980, seorang pengusaha, pengembang, dan sekaligus penulis.

Pomodoro sendiri diambil dari bahasa Italia yang berarti tomat. Dinamakan “Pomodoro” karena teknik membagi waktunya berbentuk tomat. Terbagi menjadi 4 sesi, dimana per bagian terdiri dari 25 menit untuk fokus bekerja saja dengan jeda waktu istirahat selama 3-5 menit. Jika sudah melewati 4 sesi tersebut Stars People dapat beristirahat panjang sekitar 15-30 menit. Berikut langkah-langkahnya:

1. Tulislah apa yang akan dikerjakan

Stars People diminta menulis daftar kerja selama 4 sesi dimana masing-masing sesi hanya memiliki waktu 25 menit. Disarankan untuk menulis pekerjaan yang benar-benar penting terlebih dulu dan terukur. Jangan karena ingin semua pekerjaan selesai lantas Stars People menulis semua pekerjaan dalam satu waktu. Ingat, mulailah dari yang terpenting.

2. Pasang alarm selama 25 menit kedepan

Setelah menulis apa yang akan dikerjakan, langkah selanjutnya mengatur alarm selama 25 menit sebanyak empat kali. Fungsi alarm ini untuk memudahkan Stars people mudah dalam mengelola waktu.

3. Mulailah bekerja

Sebelum menekan tombol ‘start’ pastikan semua gangguan terminimalisir. Misal menonaktifkan koneksi internet atau menonaktifkan notifikasi semua media sosial yang dapat mengganggu pekerjaan selama jam bekerja. Kemudian tekan tombol ‘start‘ dan mulailah bekerja.

4. Berhenti saat alarm berbunyi

Jika sebelumnya Stars People menekan tombol ‘start‘ dan mulai bekerja, kali ini Anda diminta berhenti ketika alarm berbunyi meski pekerjaan belum selesai. Ingat, komitmen untuk mengikuti aturan dalam teknik Pomodoro ini.

5. Catat pekerjaan yang telah dilakukan

Setelah alarm berbunyi sebagai tanda beristirahat pendek, Stars People dapat langsung me-review pekerjaan yang sudah dan yang belum dikerjakan. Dari sini akan tahu langkah mana yang efektif dan mana yang harus diperbaiki.

6. Istirahat dulu sekitar 3-5 menit

Ketika sudah bekerja dalam 25 menit, beristirahatlah sekitar 3-5 menit. Tentukan waktu istirahatnya dan gunakan waktu istirahat yang sama untuk sesi kedua dan ketiga. Pada saat beristirahat, Stars people dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk makan snack, ke toilet, membuka medsos, mengobrol dengan teman, streching, dan sebagainya. Tetapi tetap perlu diingat, hanya 3-5 menit saja.

7. Mulailah bekerja kembali

Setelah ‘penyegaran badan’ usai, mulailah bekerja kembali. Kerjakan apa yang telah ditulis dalam daftar ‘pekerjaan hari ini’. Pastikan selalu fokus pada pekerjaan.

8. Ulangi langkah ditas hingga 4 sesi

Langkah selanjutnya yakni beristirahat panjang. Waktu yang disediakan 15-30 menit. Maksimalkan waktu yang ada untuk bersantai merelaksasikan tubuh dan pikiran. Stars people diminta untuk benar-benar memanfaatkan istirahat ini dengan baik.

9. Lakukan teknik ini hingga jam kerja usai

Dengan menerapkan teknik Pomodoro, Stars people akan lebih fokus dalam mengerjakan tugas demi tugas, termasuk yang selama ini tertunda. Eit, tunggu dulu! Pastikan selalu ingat pada aturan awal sebelum menerapkan sembilan langkah di atas, yakni berkomitmen. Selamat mencoba! (CEO Stars-WS)