Inilah 7 Prinsip Bangunan Ramah Lingkungan

01:44 on July 20, 2017 by Westi Surya in Capture

Pemanasan global yang terjadi akibat kurangnya kepedulian manusia terhadap lingkungan sekitar membuat para arsitek berpikir bagaimana membuat desainn rumah atau bangunan yang ramah lingkungan. Menurut Green Building Council Indonesia (GBCI), sebuah bangunan dapat dikatakan ramah lingkungan jika prinsip pembangunannya tidak mengganggu atau merusak tatanan alam sekitar.

Beberapa yang perlu menjadi perhatian dalam mendirikan bangunan adalah dalam hal penggunaan lahan yang seperlunya, efisien dan efektif dalam pemakaian energi maupun air, memperhatikan konservasi material sumber daya alam serta sehat dan aman bagi penghuni rumah.

World Green Building Council menyebutkan ada 7 prinsip bangunan dikatakan Green Building, yakni:

1. Melakukan pendekatan terhadap energi terbarukan.

2. Melindungi sumber air.

3. Meminimalisir limbah dan memaksimalkan barang yang dapat digunakan kembali.

4. Mendorong agar hidup sehat dan sejahtera.

5. Menciptakan struktur yang tahan dan fleksibel.

6. Mempertimbangkan efek bangunan pada masyarakat sekitar

 7. Memperhitungkan seluruh aspek dari bangunan rantai kehidupan.

Addys Firstanty, arsitek bangunan hijau dari Anddys Green Architect juga menekankan semua pihak untuk peduli pada alam, dengan mulai merancang atau mendesain ulang bangunannya agar ramah lingkungan. “Ramah lingkungan artinya juga universal. Nyaman dan menyesuaikan oleh semua kalangan. Sesuai konteks. Orang tua, anak, mereka yang berkebutuhan khusus, jenis kelamin, budaya, dan seterusnya.” Tegasnya. (CEO Stars – WS)