Asah Indera Bisnis Dengan 5 Langkah Sederhana ini

06:40 on August 9, 2017 by Teguh Prayogo in Capture

Masih ingat gambar viral di media sosial tentang seorang ibu yang menjalankan bisnis gokil (gosok keliling) saat libur lebaran? Di sini kita melihat kejelian seorang ibu menangkap adanya kebutuhan akan jasa setrika akibat hampir semua asisten rumah tangga mudik. Pelajaran sederhana darinya adalah semua bisa jadi peluang, semua yang terjadi di sekitar bisa kita jadikan ‘lahan’ untuk mendatangkan penghasilan.

1. Mata elang, hidung anjing

Seringkali ide bisnis berada tidak jauh dari sekeliling kita. Banyak pula pendapat bahwa bisnis konon lahir dari kemampuan melihat adanya kebutuhan di pasar dan kesigapan untuk tampil sebagai problem solver. Kadang hanya kita kurang tajam memfokuskan banyak peluang di sekitar kita yang dipicu adanya suatu kebutuhan, disebabkan kita menganggapnya sebagai suatu kewajaran atau kelumrahan sehingga hanya mereka yang mau mengasah mata bisnisnya setajam elang dan penciumannya bagai anjing terlatih saja yang mampu mendapatkan ide bisnis dengan cepat.

Dimana ada masalah, kebutuhan, keluhan, ketidakpuasan, maupun kekhawatiran dari sekitar (potential consumer), di situlah ditemukan beragam ide bisnis yang akan menjadi solusi bagi pasar dan sekaligus sumber penghasilan bagi pelaku bisnisnya.

2. ATM

Cara paling cepat dan mudah dilakukan adalah Amati-Tiru-Modifikasi (ATM) dari bisnis yang sudah jalan. Setidaknya hal ini menghemat waktu, biaya dan tenaga untuk survei pasar. Amati dengan seksama bisnis apa yang sudah ada di pasar, masih memiliki market size cukup besar, dan memberikan potensi hasil menarik bagi pebisnis. Tiru saja ide itu dengan memberikan sentuhan modifikasi di beberapa sisi, bisa dari kemasannya, harga, layanan, lokasi, cara pembayaran, dan atau sentuhan lainnya.

3. Networking

Jangan hanya menghabiskan waktu dengan mengurung diri sekalipun untuk alasan fokus mencari ide bisnis. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas positif, khususnya komunitas pebisnis. Dengan memperluas pergaulan, kita bisa mendapatkan ide-ide bisnis briliant yang mungkin tidak kita temukan apabila menyendiri. Banyak teman banyak peluang bisnis yang bisa mendekatkan kita pada aliran rezeki yang kita doakan.

4. Membaca

Sumber ide dan pengasahan indera bisnis lainnya bisa didapat dengan rajin membaca buku-buku bisnis ataupun informasi luas yang ada di internet, surat kabar, radio, televisi, serta bisa pula dari sumber referensi bisnis lain di media sosial.

5. Seminar dan Pameran

Luangkan waktu untuk mengikuti seminar-seminar dengan topik bisnis atau mengunjungi pameran-pameran bertemakan bisnis. Selain bisa bertemu dan berdiskusi langsung dengan peserta lain serta pembicara yang notabene pakar atau pelaku bisnis, kita juga bisa memperoleh informasi dari aneka stand/booth bisnis yang ada.

Temukan ide bisnis yang sesuai dengan passion, talenta dan kapasitas Anda. Segeralah bertindak, jangan biarkan ide berhenti hanya menjadi wacana kosong tanpa makna. Jadi jika masih beranggapan bahwa bisnis hanyalah urusan modal, itu salah besar! (CEO Stars-TP)