7 Formula Pekerjaan Impian

01:16 on August 3, 2017 by Arie Prestiwanti in Capture

Bekerja sesuai passion atau mendapatkan pekerjaan impian pasti menjadi harapan semua orang. Faktanya, tidaklah mudah mendapatkan pekerjaan impian, bahkan banyak orang terjebak dalam rutinitas dan pekerjaan dengan mengorbankan hasrat. Tak sedikit juga yang merasa terpaksa melakukan semuanya karena kewajiban dan tugas. Lalu apa saja kriteria pekerjaan impian itu?

1. Pekerjaan itu menantang

Hal apapun patut diperjuangkan jika itu menantang, baik sebagai pribadi maupun profesional, tetapi terkadang rasa putus asa dan mudah menyerah lebih mendominasi. Akibatnya, makin terpenjara dalam zona nyaman yang kita ciptakan sendiri. Varun Panjwani, CEO salah satu start up di Singapura, Global Health and Travel mengatakan, “yang sering terabaikan adalah bahwa pekerjaan impian sering hadir melalui serangkaian tugas-tugas yang harus diselesaikan”. Peningkatan kualitas diri akan bertambah seiring dengan kerja keras dan keberhasilan menghadapi tiap tantangan dalam tugas.

2. Pekerjaan itu melengkapi kekuatan yang kita miliki

Masih ingat dengan analisis SWOT? Selain untuk menganalisa kinerja perusahaan, analisis Strength, Weaknesses, Opportunity, Thread (SWOT) juga bisa digunakan untuk pribadi Stars people. Akan sangat menyenangkan mengerjakan pekerjaan yang kita sukai, terlebih jika keahlian kita terpakai dan benar-benar terasah didalamnya. Tidak hanya prestasi yang terus meningkat, keahlian pun akan semakin tertempa seiring tiap tugas yang mampu terselesaikan.

3. Bangga dengan pekerjaan kita

Pekerjaan impian mampu membuat seseorang merasa bangga memilikinya. Suasana kerja yang kondusif, baik lingkungan, rekan kerja ataupun pimpinan punya andil besar dalam mewujudkannya. Terus belajar, menggali pengalaman, pencapaian demi pencapaian akan meningkatkan prestasi dan menjadikan Stars people bangga dengan pekerjaan yang dijalani.

4. Uang bukan faktor utama

Tentu saja uang merupakan faktor penting dalam pekerjaan apa pun, tetapi pasti ada suatu alasan lebih besar untuk bekerja dan menikmati pekerjaan yang Stars people banggakan.

5. Ada nilai lebih dan kompensasi

Ada harga yang harus dibayar atas tenaga, waktu dan pikiran yang kita gunakan saat bekerja, layak tidaknya nilai yang diterima menjadi alasan penting tidaknya pekerjaan itu dilakukan. Jika pekerjaan tersebut mampu memberikan nilai lebih dari sekadar gaji, maka Stars people patut berbangga dengan pekerjaan yang selama ini dilakukan. Apa bentuknya? Bisa berupa perbaikan kualitas pribadi, peningkatan keahlian, dan prestasi kerja.

6. Ada manfaat kesehatan

Siapapun akan sepakat, bahwa kesehatan adalah salah satu harta yang sangat berharga dalam hidup. Pekerjaan impian harus menghargai dan memeliharanya. Sederhana saja, menciptakan lingkungan kerja yang positif, hubungan baik dengan rekan kerja atau tim manajemen yang memungkinkan Stars people mengambil jam istirahat saat tubuh atau pikiran perlu lelah.

7. Dilakukan dengan cinta

Cinta mampu memicu tindakan seseorang. Bisa jadi, kecintaan pada pekerjaanlah yang menjadi alasan Stars people memaknai lebih, bahwa pekerjaan bukan hanya sekadar mendapat gaji tiap bu!an. “Saya suka membangun perusahaan karena saya suka membangun tim dan melihat pendapatan karyawan yang meningkat dari $ 1.000 per bulan menjadi $ 10.000 per bulan, hingga menjadi $ 1.000.000 per tahun, dan seterusnya,” kata Mario Berta, CEO Platform Flyspaces. Baginya mengubah kehidupan banyak orang, terlebih anggota timnya adalah penghargaan terbesar dalam hidup.

Bagaimana, sudah menemukan profesi impian, atau ingin menciptakan sendiri pekerjaan impian versi Stars people tersebut? (CEO Stars-AP)