Ong Tek Tjan: Tidak Ada Gaya Kepemimpinan Yang Paling Sempurna.

02:03 on February 7, 2017 by Editor in Capture, Community

Kompleksitas yang terjadi di perusahaan menuntut performa tinggi seorang pemimpin. Bukan hanya pekerjaan yang dihadapi, tetapi juga beragam tipe karyawan dengan latar belakang yang berbeda pula. Ditemui di Forum StartUp, 3 Februari 2017, Ong Tek Tjan, Direktur Bank Sahabat Sampoerna bidang UKM, Pendanaan, dan Jaringan, menceritakan pengalamannya dalam mengelola tim.

Menularkan lewat contoh

“Sifat baik itu harus diturunkan. Bukan kepada kepada anak buah, tetapi juga pada anak-anak kita.” Ong nampak serius saat ditanya bagaimana ia bercerita kesehariannya. Pria kelahiran Padang, 13 Agustus 1969, ini menekankan pentingnya prinsip “walk the talk”. Seorang pemimpin itu harus bisa menunjukkan kesesuaian sikap dan perkataannya sehingga bawahan melihat pemimpinnya sebagai figur yang layak untuk dicontoh.

Kepemimpinan yang sustain

Yang perlu disadari oleh seorang leader adalah bagaimana menyiapkan tim yang tangguh sehingga keberlangsungan bisnis terjaga. Pemimpin yang baik akan menyiapkan pemimpin berikutnya sehingga saat ia memberikan tongkat estafet kepemimpinannya, orang berikutnya dapat melanjutkan program yang sudah dilakukan. Pemimpin yang baik akan melakukan proses regenerasi sehingga pemimpin masa depan siap diberikan tanggung jawab.

Tingkatkan strong point karyawan

Ditanya perjalanan karirnya hingga sukses berada di titik sekarang, pria yang mengaku banyak belajar dari pemimpin-pemimpinnya terdahulu tersebut menekankan pentingnya menumbuhkan rasa percaya diri karyawan. Lulusan akuntansi Universitas Gadjah Mada Jogjakarta ini bertutur bahwa pemimpin harus bisa memetakan kekuatan dan kekurangan karyawan. Ia harus bisa  meningkatkan strong point tim sehingga menjadi tim pemenang. Saat ini, Ong dan timnya di Bank Sahabat Sampoerna fokus pada pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Ia membina sekitar 60.000 pengusaha mikro dan 1.500 UKM di seluruh Indonesia agar berdaya saing kuat lewat program pemberdayan bisnis. (CEO Stars-RD)