Ternyata Pendidikan Bukan Kunci Utama Keberhasilan Para CEO Dunia

02:11 on December 28, 2016 by Roy Junanta in Capture, CEO insight

Stars people berpikir bahwa pendidikan adalah satu-satunya jalan menuju sukses? Bisa jadi Anda memiliki kesamaan dengan banyak orang di luar sana yang berpikir bahwa pendidikan itu mutlak diperlukan untuk bisa sukses. Kenyataannya tidak! Minimal itu yang dialami oleh banyak Chief Executive Officer (CEO) perusahaan kelas dunia, seperti Richard Branson, Bill Gates dan Tim Cook. Apa sebenarnya kunci sukses mereka?

Keberanian untuk mencoba
Richard Branson, CEO The Virgin Group mengatakan “Ajarkan anak Anda untuk berani berpikir apa yang ingin mereka capai dalam hidup dan bekerja keras untuk mewujudkannya.”

Saran ini diungkap founder berambut putih dalam situs blog terbaru seperti yang diunggah dalam website perusahaan. Ajak anak-anak untuk belajar dari kesalahannya untuk kemudian menemukan cara terbaik. Melanjutkan untuk menemukan hal baru dan kemudian berkembang? Branson meyakini bahwa pendidikan memang penting dan terbukti mengantar beberapa orang mencapai sukses, tetapi bagi sebagian yang lain itu tidak berlaku.

Eksekusi harus luar biasa

Berbeda dengan Richard Branson, CEO Microsoft Bill Gates punya rahasia lain. Gates yang sempat drop out dari universitas itu berpikir bahwa eksekusi ide jauh lebih dibutuhkan daripada ide itu sendiri. Ide boleh biasa, tetapi eksekusi harus luar biasa. Artinya, untuk bisa sukses seseorang harus bisa mengeksekusi dengan cepat dan tepat atas ide yang dimiliki.

Benar-benar tahan banting

Untuk mewujudkan ide tidaklah semudah yang direncanakan. Mental tahan banting sangatlah diperlukan pada saat bertemu kesulitan demi kesulitan. Para CEO Dunia mengalami yang namanya penolakan tak terkecuali Bill Gates. Ketahanan akan kondisi sulit inilah yang menjadikan mereka mencapai puncak karir.

Bersenang-senanglah dengan apa yang disuka

CEO Apple Tim Cook juga memiliki rahasia sukses yang lebih mengacu pada tempaan sekolah kehidupan dan bukan diajarkan di sekolah formal. Dalam sebuah pertandingan kriket, Cook ditanya oleh sportcaster apa rahasianya hingga ia bisa mencapai titik seperti sekarang. Ia menjawab, “Do what you love, and put your whole heart into it, and then just have fun.” (CEO Stars-FH)