Teknik Mengubah Stres Menjadi Energi Positif

06:41 on October 7, 2016 by Editor in CEO insight
Teknik Mengubah Stres Menjadi Energi Positif

Mengubah stres menjadi energi positif memang bukan pekerjaan mudah, namun bisa diupayakan. Stres merupakan kekacauan mental dan emosional yang muncul atas respon kita terhadap suatu masalah yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan, membahayakan hubungan dengan orang-orang di sekeliling kita, dan menurunkan kinerja dan produktivitas. Stres membuat terlalu banyak tekanan pada otak yang menyebabkan sulit untuk memecahkan masalah, namun kita harus terbiasa berhadapan dengan kondisi stres. Menurut Justin Menkes, penulis buku  Better Under Pressure: How Great Leaders Bring Out the Best in Themselves and Others, “Stres tidak bisa kita hindari karena kita hidup di dunia yang penuh kekhawatiran, perubahan, dan ketidakpastian. Kita harus terbiasa dengan hal itu.”

Stres bisa menjadi buruk atau baik tergantung bagaimana Stars people menanganinya. Cara Stars people mengelola stres dengan baik akan membedakan Stars people sebagai seorang leader dengan lainnya dan akan berdampak positif bagi kemajuan karir. Berikut ini teknik mengubah stres menjadi energi positif:

Kenali rasa khawatir pemicu stres

Perasaan khawatir merupakan pemicu stres. Sebaiknya kenali rasa khawatir yang timbul dengan mengenali gejalanya seperti: reaksi yang berlebihan terhadap suatu masalah, mengalami ketegangan, jantung berdebar kencang, dan sensasi rasa panas di dada dan wajah. Stres timbul karena kekhawatiran yang berlebihan, karena itu Stars people perlu memahami  rasa khawatir sebagai indikator penyebab kepanikan yang berujung pada stres berkepanjangan. Dengan mengenali rasa khawatir, Stars people dapat mengolah dan memilah reaksi terhadap suatu masalah agar tidak menjadi pemicu stres.

Fokus pada yang dapat dikontrol

Ketika Stars people merasa khawatir dan cemas, hal positif yang dapat dilakukan adalah memfokuskan pikiran pada hal-hal yang dapat dikontrol. Lupakan segala sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Stars people bisa berlatih untuk fokus pada hal-hal yang dapat dikontrol dengan cara:

  • Buatlah daftar masalah yang membuat stres.
  • Gambarlah 2 buah lingkaran.
  • Masukan daftar masalah yang dapat dikontrol pada lingkaran pertama.
  • Masukan daftar masalah yang tidak bisa dikontrol pada lingkaran kedua.

Abaikan lingkaran kedua. Fokuslah pada lingkaran pertama, lalu segera susun langkah konkret yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada pada lingkaran pertama. Cara ini akan membuat Stars people mampu memecahkan stres dan memiliki energi positif untuk melangkah lebih lanjut guna mencapai tujuan.

Membentuk pola kerja otak

Stars people tidak dapat menyelesaikan masalah dan mengeliminir stres jika tidak bisa berpikir jernih. Untuk itu diperlukan rekayasa pola kerja otak agar pola pikir Stars people menjadi lebih baik. Otak akan bekerja dengan lebih baik jika berpikir positif. Ketika Stars people diliputi rasa khawatir otak akan membentuk pola flight or fight-tinggalkan atau lawan- yang akan membatasi pikiran. Sebaliknya jika pikiran Stars people ada pada tataran berpikir positif, otak akan berpola broaden and build-memperluas dan membangun– yang memungkinkan otak menjadi lebih kreatif. Pergeseran pola kerja otak akan memungkinkan perasaan khawatir berubah dari melumpuhkan menjadi mengaktifkan semua pikiran positif, sehingga mampu melihat stres sebagai tantangan bukan ancaman. Otak bisa direkayasa pola kerjanya dengan mengubah mindset dan mengelola alam bawah sadar dengan baik.

Biasakan diri menghadapi stress

Manny Pacquaio, seorang petinju, mengatakan, “Jika Anda berlatih dengan keras, maka akan memenangkan setiap pertandingan.” Menghadapi stres tidak ada bedanya dengan bertanding. Jika Stars people ingin menang melawan stres, cara terbaik adalah dengan berkali-kali mengalami stres dan berkali pula berusaha untuk mengatasinya dengan baik. Tidak pernah mengalami stres bukanlah proses yang baik karena Stars people akan sangat panik begitu dihadapkan pada semua masalah yang memicu stres. Pengalaman menghadapi stres tidak hanya memicu hormon untuk tetap tenang, melainkan juga memberi kemampuan untuk bisa keluar dari kondisi yang menekan.

Cari orang yang bisa mendukung

Memiliki seseorang yang bisa mendukung Stars people melewati stres adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Seorang teman dekat yang memahami kondisi Stars people dapat menjadi tempat berbagi sekaligus membantu mencari jalan keluar dari sebuah masalah. Untuk itu Stars people harus membangun hubungan yang baik dengan banyak orang agar bisa mendapatkan seseorang yang mampu mendukung untuk melewati stres. Seorang teman yang ada di saat sulit adalah sebenarnya teman yang harus Stars people syukuri.

Stars people masih cemas menghadapi stres? Buatlah tantangan untuk diri sendiri semisal dengan berbicara di depan umum pada suatu forum besar. Nikmati sensasi kekhawatirannya sebagai awal stres, lalu kelola dengan baik, kemudian ubah dan letupkan menjadi energi positif yang bisa membuat Stars people bicara dengan baik di forum tersebut. (CEO Stars-TS)