Suka Cemas Berlebih? Coba Lakukan Langkah Sederhana Ini

04:14 on November 22, 2016 by Editor in Coffee Break

Kecemasan bisa menghinggapi siapa saja dan tidak jarang rasa cemas berlebihan mengganggu kinerja sehari-hari. Kecemasan (anxiety) merupakan kekhawatiran akan masa depan. Rasa cemas yang dirasakan melebihi dari kenyataan yang terjadi disebabkan karena ketakutan terhadap prediksi-prediksi menakutkan yang merajai pikiran. Penyebab kecemasan neurotik juga terkait persepsi negatif terhadap diri sendiri. Perasaan-perasaan negatif tersebut terletak dalam pikiran bawah sadar yang tidak disadari oleh setiap individu.

Gejala kecemasan yang berlebihan bisa menimbulkan gangguan kondisi fisik berupa keluhan psikosomatis semisal detak jantung yang meningkat dan lebih cepat, konsentrasi yang buruk, mudah tersinggung, cepat marah, gangguan pencernaan, otot terasa tegang dan kaku, sulit tidur, dan gejala fisik lainnya. Hal ini disebabkan karena otak mengalami tekanan psikologis sehingga memicu sistem hipotalamus (sistem pengaturan otak) mengaktifkan sistem neurotransmitter, sistem saraf otonom dan sistem saraf endokrin yang berakibat pada gejala psikosomatis tersebut.

Gangguan kecemasan bisa dialami oleh siapa saja. Menurut data National Institute of Mental Health (2005) di Amerika Serikat terdapat 40 juta orang mengalami gangguan ini mulai usia 18 tahun sampai usia lanjut. Untuk mengatasi kecemasan berlebihan, Stars people bisa melakukan beberapa trik cantik berikut ini:

Atur pola tidur

Saat mulai dihinggapi rasa cemas ada baiknya Stars people segera memerbaiki pola tidur. Tidur cukup dan berkualitas akan membantu tubuh untuk melakukan self healing dan berefek pada ketenangan hati dan pikiran.

Bernapas dengan sadar

Bernapas adalah aktivitas alamiah pada setiap orang yang dilakukan spontan. Berlatih untuk bernapas dengan sadar berguna untuk menghadapi serangan panik saat dilanda cemas. Cobalah Stars people berlatih bernapas dalam-dalam, kuat, dan panjang dengan pola yang teratur, sehingga merangsang otak dan seluruh otot untuk relaksasi.

Segarkan diri dan rapikan

Kondisi tubuh yang tidak segar, pakaian kotor, basah dan bau bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Apalagi jika ditambah dengan ruangan kerja yang berantakan dan sirkulasi udara tidak lancar sudah pasti akan menekan pikiran. Ada baiknya Stars people segera menyegarkan diri, mandi dan berpakaian bersih, rapi, dan harum lalu rapikan seluruh ruang kerja agar menciptakan suasana segar dan mengenyah kecemasan.

Diam dan refleksikan

Jadwalkan waktu untuk berdiam diri meski hanya 10 menit setiap hari untuk merefleksikan segala hal. Matikan semua gadget, menjauh dari keramaian, dan gunakan saat hening untuk merefresh hati dan pikiran. Dalam keheningan hati dan pikiran bisa lebih jernih mengurai semua kecemasan.

Bersyukur dan tersenyum

Orang yang selalu bersyukur dan mengekspresikan rasa syukurnya dengan tersenyum dan berterima kasih dengan tulus kepada sesama, akan lebih mudah mengatasi kecemasan dalam dirinya.

Buatlah rencana

Menurut Benjamin Franklin, “Orang yang gagal menyiapkan masa depan, maka ia sedang menyiapkan kegagalan.” Untuk itu buatlah rencana untuk sekecil apapun yang akan Stars people lakukan di masa yang akan datang. Perencanaan yang matang akan mengurangi tingkat kecemasan pada saat menjalankan rencana tersebut.

Hangout

Jika Stars people dilanda kecemasan sebaiknya menyibukkan diri. Hangout bersama teman-teman, melakukan aktivitas sosial, ngopi dan melakukan olahraga bersama, atau sekadar melakukan tindakan ‘konyol-konyolan’ sebagai upaya untuk menciptakan dukungan moral dan sosial agar segera terlepas dari kondisi cemas berkepanjangan.

Idealnya dalam hidup ini kita tidak perlu menciptakan pikiran-pikiran yang akan memicu stres dan kecemasan. Tapi siklus kehidupan tidak pernah bisa membawa kita pada kedamaian abadi. Jika kondisi memicu kecemasan, Stars people bisa bersegara melakukan antisipasi dengan langkah-langkah tersebut di atas. (CEO Stars-TS)