Strategi Cerdas Menjadi Pengusaha Sukses

09:31 on October 21, 2016 by Editor in CEO insight
Rahasia Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Menjadi pengusaha sukses adalah impian setiap orang. Mereka yang bekerja sebagai karyawan tidak sedikit yang berharap untuk menjadi ‘bos’ bagi diri sendiri dengan menjadi pengusaha. Untuk berhasil menjadi seorang pengusaha yang sukses dibutuhkan kerja keras dan ketekunan. Tidak ada bisnis apapun yang bisa berjalan lancar secara ajaib tanpa mengalami hambatan.

Setiap pengusaha sukses memiliki pola yang sama dalam hal sikap positif, kebiasaan yang baik, gairah dalam bekerja, ketekunan, dan semangat yang pantang menyerah. Selain membangun kebisasaan baik berupa menjaga pola makan sehat, gaya hidup, dan kebiasaan positif lain,  cara-cara berikut bisa Stars people terapkan sebagai strategi cerdas untuk menjadi pengusaha sukses:

Berani melakukan tindakan

Menurut Geoffrey James, penulis buku Business to Business, “Yang harus dimiliki oleh setiap calon pengusaha bukanlah sekadar uang dan inovasi. Hal terpenting yang harus dimiliki adalah keberanian untuk berbisnis.”  Dapat dipastikan Stars people tidak akan pernah menjadi seorang pengusaha jika tidak berani melakukan tindakan. Take a baby step dengan segala keberanian dan perhitungan matang untuk mendirikan sebuah perusahaan dan menjalankan bisnis adalah sebuah langkah awal yang mutlak harus dilakukan. Sebuah impian butuh take action untuk mewujudkannya.

Membuat sebuah rencana

Keberanian dalam mengambil tindakan dalam mewujudkan sebuah usaha harus diiringi dengan perencanaan yang matang. Stars people harus cermat menganalisis SWOT (Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats) sebagai metode perencanaan strategis sebuah bisnis yang akan dibangun. Dengan cermat menganalisa SWOT Stars people sudah melakukan langkah tepat dalam memulai usaha.

Cintai apa yang dikerjakan

Passion merupakan kunci untuk menjaga bisnis yang Stars people bangun agar terus bergerak. Tanpa gairah dan cinta terhadap sebuah usaha yang dijalankan hanya akan membuat Stars people kehilangan semangat dan ketekunan untuk membesarkannya. Passion akan membuat Stars people tetap memiliki keyakinan dan semangat yang tangguh jika menghadapi kegagalan dalam menjalankan rosa usaha. Abraham Lincoln berkali-kali mengalami kegagalan yang menyakitkan dalam hidupnya sampai ia berhasil menjadi presiden Amerika. Setiap kegagalan justru membuat Lincoln memiliki semangat untuk meraih karir tertinggi dalam hidupnya. Semua dilakukannya karena passion dalam dunia yang digelutinya. Tak hanya Lincoln, para CEO perusahaan top dunia juga berkali-kali mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya. Hanya passion yang membuat mereka bangkit dan sukses.

Belajar dari orang lain

Para pengusaha sukses melewati masa-masa menjadi karyawan sebuah perusahaan yang sesuai dengan bidang minatnya. Tak sedikit di antara mereka yan bersedia menjalani proses internship tanpa dibayar hanya agar bisa menyerap ilmu sebanyak mungkin sebelum mereka memutuskan membangun usahanya sendiri. Seorang pengusaha sukses adalah pembelajar yang baik. Mempelajari kesalahan para predecessors sebagai pengusaha dan melakukan proses brainstorming untuk menemukan bentuk dan pola usaha yang tepat adalah hal-hal yang harus Stars people lakukan dalam proses belajar menjadi pengusaha yang sukses.

Confidence melakukan branding

Sebagai seorang pengusaha, Stars people harus memiliki rasa percaya diri yang kuat dalam melakukan proses branding. Sebuah brand hanya akan dikenal jika proses branding berjalan dengan baik. Tetapkan merek dan slogan yang Stars people ingin usaha yang dijalankan dikenal sebagai apa. Lakukan proses branding dengan tetap fokus pada penjualan. Branding without selling is nothing. 

Konsisten dan berkelanjutan

Sebuah pepatah mengatakan Chinese wall didn’t build in a night. Tidak ada sebuah keberhasilan yang dibangun dalam semalam. Untuk menjadi seorang pengusaha sukses Stars people harus konsisten dalam melakukan segala proses membangun dan membesarkan usaha dengan baik. Tanpa konsistensi dan kontinuitas kesuksesan hanya tinggal mimpi.

Membangun tim yang tangguh

Membangun sebuah usaha tidak bisa dilakukan sendiri. Stars people membutuhkan tim yang tangguh dan dapat diandalkan. Rekrutlah orang-orang yang memiliki skill sesuai yang dibutuhkan dan memiliki kemauan untuk menjalankan visi perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Tim yang tangguh tidak hanya yang berada dalam lingkaran dalam perusahaan, melainkan juga mereka yang terkait dengan usaha Stars people yang ditemui dalam proses berjejaring. Untuk itu diperlukan upaya menjalin relationship yang baik dengan para kolega yang potensial menjadi rantai pemasaran bagi usaha Stars people.

Menjaga sikap dan reputasi

Sikap Stars people  akan menentukan reputasi sebagai pengusaha. Kemalasan, Kesombongan, membuang waktu, menghamburkan uang, meremehkan orang lain, dan sikap negatif lainnya akan memengaruhi reputasi. Kesuksesan sangat tergantung dari cara Stars people menyikapi sebuah kesalahan. Apakah akan menjadikannya bahan renungan dan evaluasi diri, atau akan melemparkan kesalahan itu pada orang lain sebagai kambing hitam. Jika bersikap demikian, hanya akan menjadikan Stars people sebagai pemilik perusahaan semata dan bukan seorang leader. 

Memulai sebuah bisnis bisa menjadi petaka bagi kehidupan pribadi Stars people jika tidak diiringi dengan kesiapan mental yang baik. Para CEO sukses cenderung memiliki kebiasaan baik yang sama, terstruktur, dan terjadwal. Mulai dari bangun pagi lebih awal, olahraga, sarapan ringan, menyempatkan diri berjejaring, dan banyak membaca. Menyeimbangkan kehidupan pribadi dan sebagai seorang pengusaha mungkin memerlukan waktu, namun jika kesuksesan ada dalam impian maka semua jadwal ketat itu menjadi bukan apa-apa bagi Stars people. (CEO Stars-TS)