Siapkan Dana Darurat Sebelum Terlambat

07:25 on November 17, 2016 by Editor in CEO insight
Pentingnya Segera Siapkan Dana Darurat

Tidak ada sesuatu yang pasti dalam kehidupan ini termasuk dalam masalah keuangan. Kondisi keuangan seseorang bisa jadi pada saat ini sedang berada di level atas, tapi siapa kira jika dalam sekejap kondisi tersebut berbalik. Sementara semua kebutuhan terus berjalan. Dalam kondisi seperti itulah dana darurat sangat berperan penting untuk mengatasi keadaan.

Dana darurat disiapkan sebagai jaring pengaman bagi diri sendiri dan keluarga pada saat keadaan mendesak. Menurut Prita Ghozie, perencana keuangan dari ZAP Finance, sebagaimana dikutip dari sebuah situs, dana darurat (emergency fund) adalah jenis simpanan yang hanya dipergunakan  sewaktu terjadi kondisi yang darurat.

Dana darurat beda dengan tabungan, meskipun tabungan juga bisa digunakan pada saaat kondisi mendesak. Dana darurat merupakan sejumlah uang yang disisihkan untuk keperluan yang sangat mendesak dan di luar perkiraan semisal sakit, kematian, kecelakaan, dan kebutuhaan saat tiba-tiba di PHK atau usaha bangkrut.  Dana darurat sebaiknya dalam bentuk liquid yang bisa dicairkan sewaktu-waktu. Alasan-alasan berikut dapat menjelaskan betapa pentingnya untuk segera menyiapkan dana darurat:

Masalah kesehatan

Tidak bisa dipungkiri pada saat Stars people kehilangan sumber penghasilan akibat PHK atau mengalami kebangkrutan dalam usaha, lalu aset disita, kemudian utang menumpuk, maka kondisi psikologis akan terguncang dan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Berbeda jika sudah menyiapkan dana darurat untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, maka Stars people akan lebih bisa berkonsentrasi untuk menyelesaikan masalah keuangan yang  lebih besar.

Konflik rumah tangga

Persoalan finansial yang disebabkan karena tiba-tiba di PHK atau bangkrut bisa memicu konflik rumah tangga yang serius. Jika segala tagihan dan kebutuhan terus berjalan sementara sumber penghasilan terputus pasti menyebabkan stres, keributan dan pertengkaran akan mewarnai suasana sehari-hari. Kondisi seperti itu tidak perlu terjadi jika Stars people sudah menyiapkan dana darurat.

Prediksi bisnis yang salah

Seorang pengusaha biasanya mengambil keputusan dalam menjalankan usaha berdasarkan prediksi bisnis yang telah diolah sematang mungkin. Namun pergerakan kondisi sosial dan gejolak politik bisa menyebabkan perubahan yang berlangsung tajam dalam dunia usaha yang bisa jadi justru menimbulkan kerugian besar di luar perkiraan. Dalam kondisi seperti ini dana darurat yang telah disiapkan dapat ‘menambal kebocoran’ dalam menjalankan bisnis tadi sehingga tidak sampai terjadi kebangkrutan.

Menghindari jeratan utang

Situasi buruk dalam dunia pekerjaan tidak pernah bisa diprediksi dengan pasti. Kondisi pekerjaan yang stabil tidak selamanya berjalan mulus. Jika badai menyerang dalam bentuk kehilangan penghasilan tetap atau bangkrut, utang adalah jalan pertama yang terpikir untuk mengatasi segala kebutuhan ekonomi yang terus berjalan. Adanya dana darurat akan menghindarkan Stars people dari jeratan utang dan segala bunganya yang justru akan semakin mencekik dan membuat keadaan semakin bertambah buruk.

Mulailah dengan menyisihkan sebagian pendapatan atau bonus-bonus lain yang Stars people dapatkan sebagai jaring pengaman ekonomi. Bagaimanapun sedia dana sebelum keadaan darurat mendesak lebih baik daripada terdesak keadaan yang akan membuat Stars people kehilangan kendali diri. (CEO Stars-TS)