Selling With Integrity, Kunci Sukses Menjual

12:22 on August 22, 2017 by Teguh Prayogo in Capture

Bagaimana perasaan Stars people jika mendapati produk atau jasa yang dibeli tidak sesuai antara kenyataan dan janji yang ditawarkan, pasti kecewa bukan? Di era transaksi serba online pun tak luput dari suara sumbang konsumen. Survei independen Rakuten Smart Shopping Survey bekerja sama dengan Redshift Research di Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia menyebutkan hampir separuh dari responden (49 persen) mengaku tidak puas berbelanja online disebabkan produk yang mereka dapatkan berbeda dengan apa yang terpampang atau dipesan di situs belanja online. Di Indonesia, hasil survei bahkan menyebutkan 84 persen konsumen mengaku tidak puas, hampir sama dengan ketidakpuasan konsumen Taiwan yang mencapai 86 persen.

Mau menang dalam kompetisi? Jual dengan integritas

Saran saya untuk keluar jadi pemenang dalam kompetisi penjualan dan tetap sustainable, berjualanlah dengan integritas. Jangan hanya memikirkan keuntungan atau omset sesaat, lantas kita memilih mengabaikan nilai diri dan nama baik. Integritas merupakan sebuah konsistensi dan keteguhan menjunjung tinggi nilai dan keyakinan luhur. Konsistensi antara tindakan dengan  nilai dan prinsip. Integritas adalah kejujuran dan  kebenaran dari tindakan seseorang.  Seorang dikatakan “mempunyai integritas” apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya, biasa dikenal dengan istilah “walk the talk”, yakni adanya kesamaan antara kata dan perbuatan. Penjual yang berintegritas tidak akan berani menawarkan produk/jasa hanya dengan mengandalkan rayuan gombal demi mengejar target penjualan, di saat sebenarnya dia tahu bahwa kualitas produk/jasanya tidaklah sedahsyat yang dipromosikannya.

Belajar dari ‘makelar’ tanah

Pada suatu waktu, saya pernah tertarik dengan poster tanah kavling yang dijual dengan harga murah. Saya bertemu dengan salesperson di lokasi. Hampir semua keunggulan lahan yang ditawarkan sudah diceritakan, tidak ada satupun yang negatif. Mulai dari status tanah yang dibilang aman, prospek ke depannya, rencana pengembangan, return on investment yang menarik, cara pembayaran yang bersahabat dan banyak lagi. Saya terima semua informasi tersebut namun di waktu berbeda saya mencoba survei sendiri dengan mencoba akses jalan alternatif yang dimaksud si salesperson tadi, bertanya ke penduduk sekitar mengenai sejarah tanah tersebut, termasuk mendatangi kantor notaris atau pejabat pembuat akta tanah yang menangani proyek. Singkat cerita, saya sampai pada satu kesimpulan bahwa apa yang diceritakan tidaklah seindah fakta, bahkan delapan belas bulan kemudian saya iseng survei ke lokasi tersebut tidak nampak progress yang dijanjikannya.

Tirulah agen asuransi yang baik

Saya tidak menyarankan Stars people menjual dengan model seperti ‘makelar’ tanah di atas. Jangan sampai! Tirulah penjual di pengalaman kedua saya berikut ini. Berbeda dengan sales person produk asuransi dimana saat pertama kali prospecting menjanjikan untuk membantu apa saja kebutuhan saya seputar produk yang saya beli. Kenyataannya terbukti benar, setiap kali saya menghubungi dia meskipun polis sudah berjalan sekian lama, dia selalu dengan mudah dihubungi dan dengan sigap memberi solusi yang saya perlukan. Inilah salah satu contoh salesperson yang menjual dengan integritas.

Integritas itu karakter

Integritas memegang peran lebih penting dalam karakter seorang penjual dibanding motivasi, pengetahuan, motivasi, kapasitas dan pengalaman. “When you are looking at the characteristics on how to build your personal life, first comes integrity; second, motivation; third, capacity; fourth, understanding; fifth, knowledge; and last and least, experience.”

Di dunia dimana informasi bisa didapat dan disebar dengan cepat, sudah bukan jamannya berjualan tidak transparan dan tidak jujur. Belum lagi persaingan yang semakin chaos, membuat penjual yang hanya puas bermodalkan pintar dan cakap saja tidaklah cukup. Saatnya menjadi penjual yang cerdas, cakap, namun juga berintegritas! Semoga berhasil! (CEO Stars-FH)