Selamat Tinggal “I Hate Monday”

07:11 on October 31, 2016 by Titie Surya in CEO insight

I hate Monday! merupakan ungkapan yang umum diucapkan oleh banyak orang sebagai luapan perasaan mengiringi aktivitas menjelang hari Senin. Mengapa hari Senin begitu menakutkan bagi banyak orang? Secara ilmiah kelenjar pineal di dalam otak manusia memroduksi hormon melatonin yang salah satu fungsinya memerbaiki sel-sel rusak dan memengaruhi suasana hati. Salah satu faktor yang memengaruhi produksi melatonin adalah ritme tidur malam, khususnya durasi tidur sesuai kebutuhan tubuh. Tidur melebihi kebutuhan sebagaimana sering dilakukan pada hari minggu, efeknya tidak jauh berbeda dengan kurang tidur. Keduanya mengacaukan produksi melatonin yang pada gilirannya memengaruhi suasana hati dan kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang dilaporkan The British Medical Journal dan dilakukan oleh Dr. Robert Peters dari Maryland University menyatakan bahwa serangan jantung lebih sering terjadi pada hari Senin. Sedangkan menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Mercer kepada sekitar 11.000 orang pekerja pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa 35% dari waktu ijin sakit terjadi pada hari Senin. Di samping itu menurut Richard Ryan, professor di bidang psikologi dari University of Rochester, suasana hati kebanyakan orang memang lebih baik pada Jumat sore dibandingkan pada Senin pagi. Untuk menaikan semangat dan mengatasi scary Monday, Stars people bisa melakukan hal-hal berikut:

Nikmati akhir pekan

Cara menikmati akhir pekan dengan baik adalah dengan tidak melakukan aktivitas yang berlebihan hingga menguras tenaga. Juga tidak dengan cara tidur seharian melebihi batas kebutuhan tubuh. Nikmati waktu akhir pekan Stars people dengan kegiatan yang menyenangkan dan menyegarkan sebagai upaya refreshing hati dan pikiran.

Tidur lebih awal

Minggu malam biasanya merupakan saat kritis di mana orang biasanya berpikir, “Arghh.. besok hari Senin!” Untuk mengatasi rasa malas menjelang hari senin, sebaiknya Stars people tidur lebih awal agar kelenjar pineal bisa menghasilkan hormon melatonin yang cukup untuk menjadi mood booster yang baik pada hari Senin.

Awali dengan sarapan

Tiba di hari Senin, sebaiknya Stars people sarapan dengan menu yang bisa menjadi mood booster di pagi hari.  Bisa dipilih menu favorit yang telah disiapkan bahannya pada malam sebelumnya. Nikmati sarapan dengan tenang diiringi musik penggugah semangat, warnai dengan canda, sapa, dan bertukar senyum dengan anggota keluarga di rumah atau dengan rekan sejawat di kantor.

Pakai baju favorit

Penampilan prima dan nyaman bisa membangkitkan semangat untuk menghadapi Senin pagi. Kenakan pakaian dan aksesoris terbaik yang bisa membuat Stars people merasa lebih percaya diri dan menjadi penyemangat kerja di awal pekan.

Buat list to do

Persiapkan sebuah daftar yang menarik tentang apa yang akan dikerjakan di hari Senin. Persiapan yang matang dalam menghadapi awal pekan bisa mengurangi beban tekanan mengakhiri libur akhir pekan. Dengan persiapan yang lebih matang juga akan mengantarkan kita pada langkah menuju kesuksesan.

Selalu berpikir positif

Berpikir positif merupakan cara untuk mengurangi kemalasan menghadapi hari Senin. Dengan berpikir positif segala aura kebaikan akan memancar dari dalam diri, dan frekuensinya akan menyebar serta memengaruhi mood orang-orang di dalam keluarga dan lingkungan kerja.

Optimis dan bersyukur

Pikiran positif akan menimbulkan perasaan bahagia dan menjauhkan seseorang dari stress. Pikiran yang bahagia akan membuat Stars people bisa selalu merasa optimis. Dengan segala keoptimisan itu juga Stars people bisa meraih kesuksesan step by step.  Yang tidak boleh dilupakan juga adalah untuk tetap bersyukur karena Tuhan memberi Stars people kesempatan untuk menghirup udara pagi lagi di hari Senin.

Bagaimanapun cara pandang Stars people akan memengaruhi cara bersikap menghadapi awal pekan. lakukan saja hal-hal yang dapat menaikan kadar kegembiraan di hari Senin. Jangan lupa, you are what you think.  Selamat Tinggal “I Hate Monday”! (CEO Stars-TS)