Rahasia 10 Perusahaan Terbaik Dunia 2016

02:19 on December 31, 2016 by Editor in Capture

Pertengahan Desember 2016 lalu, Forbes merilis daftar perusahaan terbaik tahun ini dilihat dari kepuasan karyawan. Mereka menulis daftar 10 perusahaan yang layak dilamar atau bekerja di dalamnya. Indikator peringkat ini tentu dari sudut pandang karyawan sehingga perusahaan tersebut layak untuk ‘diburu’.

Glassdoor, sebuah situs pembanding gaji dan pencarian kerja, yang melakukan survei ini menanyakan kepada para karyawan tentang kepuasaan mereka bekerja di perusahaannya dimana kepuasan ini bersifat menyeluruh, kepemimpinan sang CEO, kesempatan berkarir, kompensasi yang diterima, keseimbangan kerja dan hidup, serta apakah karyawan mau merekomendasikan pada orang lain untuk bekerja di perusahaannya atau tidak.

Hasilnya, 10 perusahaan berikut dianggap mampu memenuhi ekspektasi karyawan:

1. Airbnb
2. Bain & company
3. Guidewire
4. HubSpot
5. Facebook
6. LinkedIn
7. Boston Consulting Group
8. Google
9. Nestle Purina PetCare
10. Zillow

Yang menarik dari daftar di atas adalah nama yang muncul tidak lagi didominasi oleh perusahaan yang itu-itu saja, melainkan juga kemunculan brand Airbnb yang mampu menyodok ke posisi teratas.

Menarik memang melihat fenomena perusahaan penyedia hotel dan penginapan berbasis online terbesar di seluruh dunia itu. Di situs Quora Will Houghteling menulis, ada 4 hal yang menjadi perhatian besar dari Airbnb sehingga ia tumbuh menjadi perusahaan global dalam waktu relatif singkat:

a. Kepercayaan
b. Kemudahan
c. Reputasi Merek
d. Harga

Senada dengan yang disampaikan Houghteling, Jack Ma dari Alibaba juga menerapkan prinsip yang sama dalam bisnisnya, terlebih pada poin kemudahan. Intinya adalah bagaimana konsumen termudahkan dengan keberadaan perusahaannya. (CEO Stars-FH)