Putus Rantai Kemiskinan, Perempuan Indonesia Bangun Rumah

08:31 on October 7, 2015 by Editor in Capture, Corporate

Pentingnya rumah laik huni mendorong perempuan-perempuan di Indonesia bergabung di National Women Build. Sebuah gerakan membangun rumah yang digagas oleh Habitat for Humanity Indonesia. Program dengan tema “Dari Perempuan, Oleh Perempuan, Untuk Perempuan” ini adalah ajakan peduli keluarga Indonesia lewat memberikan hunian yang laik bagi masyarakat kurang mampu. Kegiatan akan dilangsungkan di Kelurahan Tegalsari, Surabaya, 17 Oktober 2015.

Dalam siaran persnya, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia James Tumbuan mengatakan bahwa program ini sangat mendukung upaya memutus rantai kemiskinan bagi keluarga-keluarga miskin di Indonesia serta menjadikan mereka lebih berdaya. Gerakan Women Build Habitat for Humanity Indonesia berfokus pada perempuan rentan yang berpenghasilan sangat rendah. Dibentuk pada tahun 2012 dengan tujuan memberdayakan perempuan dari situasi yang kurang menguntungkan dengan memberi mereka akses pada rumah laik huni yang dilengkapi fasilitas kamar mandi cuci, gerakan ini telah membangun rumah bagi banyak keluarga kurang mampu di Mauk Tangerang, Banten, Muncuk Buleleng, Bali, dan Srunggo Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lebih lanjut James menambahkan, Women Build Indonesia adalah program yang dirancang khusus untuk membuat dampak positif bagi masyarakat dengan membangun rumah sederhana dan sehat bagi keluarga berpenghasilan rendah dengan perempuan dan anak-anak di Indonesia. Program ini bertujuan melatih perempuan dengan kemampuan sederhana di bidang konstruksi dan menghimpun perempuan dari berbagai latar belakang untuk menjawab satu persoalan penting : perumahan laik huni adalah hak semua keluarga di Indonesia.

Duta Women Build Indonesia Helena Abidin berpendapat dalam kondisi kehidupan modern yang menuntut semuanya serba cepat dan instan, meluangkan waktu dengan menjadi relawan di gerakan ini memberi pengalaman berkesan. Senada dengan Helena, James yakin bahwa perempuan berperan penting dalam membangun kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga. Dengan adanya rumah yang lebih laik huni, keluarga akan lebih sejahtera dan pada akhirnya seluruh masyarakat akan memperoleh manfaat. (CEO Stars-FH)