“Perubahan Menyeluruh Membawa Kebahagiaan.” Roland Sullivan

12:10 on May 26, 2016 by Editor in Capture

CEO, HR, & Top Leader Forum 2016 yang dihelat oleh Global Leadership Centre (GLC) pada 25 Mei 2016. Founder GLC, Roby Tjiptajaya, menghadirkan pakar transformasi Roland Sullivan sebagai pembicara.
Forum yang dihadiri para perwakilan perusahaan dari berbagai bidang ini berjalan dengan lancar dan mendapat apresiasi positif dari para peserta. Berikut wawancara CEO Stars dengan Roland Sullivan :

Apa alasan Anda mendirikan Sullivan Transformation Agent?

Pertanyaan yang bagus. Alasan saya adalah saya percaya bahwa apa yang akan saya sampaikan adalah hal-hal yang baik. Tetapi jika kita sendirian selama 50 tahun menyampaikan kepada dunia tentang bagaimana melakukan sebuah perubahan akan sangat membantu sebuah organisasi untuk melakukan sebuah tindakan, maka tidak akan ada artinya. Itu sebabnya saya mendirikan STA. Sebagai wadah dalam upaya menebar benih ke seluruh penjuru dunia bahwa, melakukan sebuah perubahan akan sangat membantu sebuah organisasi, perusahaan, kota, dan negara untuk mencapai sebuah tujuan.

Benih-benih yang ditanam, akan membuat bumi kita menjadi sebuah tempat yang harmonis untuk ditinggali. Karena saat kita bekerja dalam sebuah organisasi, akan selalu ada alasan untuk menjadi berarti. Dalam beberapa kasus di beberapa negara seperti Nepal dan India, kami membantu mereka untuk memenuhi keinginan yang sangat mendasar, seperti makanan, tempat tinggal yang nyaman, rasa ingin dihargai, optimis, dan berubah menjadi lebih baik. Tanpa adanya sebuah wadah bisa anda bayangkan, hal seperti ini tidak akan terjadi. Selain itu adanya teknologi sebagai dampak positif dari globalisasi, sangat memudahkan ide-ide kami menyebar ke seluruh dunia.

Bicara tentang makanan, sebuah negara tanpa makanan, maka tidak akan ada juga masa depan. Indonesia merupakan surga beraneka jenis makanan. Tidak cuma makanan biasa, melainkan makanan yang special dan istimewa. Makanan yang super. Seperti Cokelat. Hanya Brazil, Philipina dan Indonesia yang memiliki kualitas cokelat nomor 1. Jika sumber daya makanan di Indonesia dikelola dengan baik oleh para leader, maka akan menjadikan Indonesia lebih powerfull. Saya sangat excited untuk mengetahui, akan menjadi seperti apa Indonesia nanti jika semua leadernya berubah menjadi lebih baik. Bayangkanlah dunia ini jika tanpa makanan. Apa jadinya? Saya optimis bahwa agen-agen perubahan sangat diperlukan. Untuk menjadikan masa depan yang lebih baik. Untuk mengelola segala sumber daya daya yang ada. Saya percaya Indonesia pun akan menjadi lebih baik dengan perubahan yang cepat dalam 25 tahun mendatang, terlebih dengan memanfaatkan teknologi kekinian. Itulah mengapa STA hadir di dunia.

IMG20160525181523

Mengapa kita memerlukan The Whole System Transformation (WST) untuk membangun perusahaan dan negara menjadi lebih baik?

Coba Anda bayangkan, dunia ini berubah dengan cepat. Lalu kita masih diam di tempat, sendirian, tidak menghiraukan kemajuan teknologi, apa yang terjadi? Sebuah organisasi, adalah tempat dimana orang-orang saling terikat dan terkait. Semua orang harus berubah, tanpa terkecuali.

The Whole Transformation System, mengajak setiap orang, leader utamaya untuk berubah. Sehingga bisa melayani dengan gembira dan membuat orang lain menjadi lebih bahagia. Dengan sendirinya organisasi itu menjadi lebih powerfull dan sucsses full. Para leader akan menjadi lebih bersinar, lebih kuat, lebih berdaya, dan lebih terkoneksi dengan banyak orang.

Anda telah bekerja selama lebih kurang 50 tahun dalam brand ini, apa dampak positif yang terukur dari mereka yang mendapat transfer ilmu WST?

Ada sebuah perusahaan yang sangat besar di dunia. Menurut CEO perusahaan tersebut, hanya dikenal sebagai perusahaan jerman. Setelah para leadernya mengikuti event WST, ia menjadi lebih baik, dan semakin lebih baik lagi, hingga dikenal di seluruh dunia. Mereka memiliki jaringan pelayanan dengan teknik komputerisasi terbaik di dunia. Orang-orang yang bekerja di dalamnya menjadi pribadi-pribadi yang menyenangkan. Bekerja dengan mereka menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi banyak orang.

Lalu di Afrika Selatan, saya menggabungkan 4 bank terbesar di sana menjadi sebuah bank terbesar di Afrika Selatan. Keuntungan mereka meningkat hingga 69 persen dalam waktu singkat. Itu adalah impact dari changing leadership Mampu mempekerjakan pegawai-pegawai lokal dengan kualitas yang baik. Menjalin hubungan antar individu yang menyenangkan. Melayani nasabah dengan sangat baik. Tingkat kepuasan pelayanan publik mencapai 77 persen, lalu 84 persen setahun berikutnya.

Kami bekerja tidak semata hanya untuk uang, melainkan juga untuk kepuasan rekanan dan menjalin long relationship. Istri saya selalu mengatakan dan meyakini culture phyilosophi bahwa, menjalin hubungan baik dengan tuhan, keluarga, agama, nilai-nilai kebaikan, jauh lebih berharga daripada sekadar uang. Seperti yang saya alami, seorang istri yang baik, anak perempuan yang manis dan menghargai nilai-nilai, adalah transformasi sesungguhnya yang membuat saya sangat bahagia, dan lebih percaya diri. Karena bagaimanapun tuhan, keluarga, agama, dan nilai-nilai itu penting dalam kehidupan. Begitupun yang saya harapkan saat menyampaikan tentang WST. Berharap mereka mampu menerapkan WST. Kita harus bergerak dan mampu melakukan perubahan berdasarkan filosofi kebaikan yang berlaku di seluruh dunia. Menghargai satu sama lain. Saling menguatkan. Mengapresiasi bahkan dengan standing ovation. Demi kebahagiaan banyak orang.

Berdasarkan pengalaman Anda, kesulitan apa yang paling menonjol untuk mengaplikasikan WST untuk mencapai perubahan?

Membuat orang menjalankan perilaku yang baik, tidak korupsi, dan bergerak maju untuk sebuah perubahan, memang bukan hal yang mudah. Mengajak orang untuk berubah cukup sulit. Pada dasarnya setiap manusia memiliki cara pandangnya masing-masing. Tetapi di samping itu, berlaku secara universal bahwa, manusia ingin mencintai dan dicintai. Ingin memahami dan dipahami. Hal tersebut yang membuat manusia berpikir untuk melakukan perubahan, dan bersedia bertanggung jawab atas segala keputusannya untuk meningkatkan kemampuan diri. Karena mereka yang berubah, akan menjadi bahagia.

Hukum alam berlaku di seluruh dunia, manusia ingin selalu bersama-sama menciptakan sebuah perubahan demi kebaikan banyak orang. Tak peduli apa anggapan orang lain, selagi ia mampu berbuat sesuatu, maka ia berpikir akan semakin meningkatkan nilai dirinya dan perubahan itu sendiri. Hal inilah yang membuat segala kesulitan menjadi kurang berarti. Saya optimis dan yakin, manusia butuh untuk berubah. Karena di manapun mereka bekerja, di perusahaan maupun di pemerintahan, mereka butuh untuk dihargai dan diakui eksistensi dirinya.

Usia Anda saat ini 73 tahun, bagaimana dengan regenerasi Sullivan Transformation Agent.

Saya sudah mempersiapkan istri saya untuk mengambil alihnya. Ia sudah menyelesaikan pendidikan jenjang Phd dalam bidang sosio psikologi sebagai latar belakang pendidikannya. Anak perempuan saya juga berminat dalam bidang ini. Ia punya pekerjaan yang sangat baik. Ia termasuk 2 orang yang terpilih dari sekitar 170 yang diinterview dari 9 negara bagian di Amerika untuk mendapatkan pekerjaan itu. Usianya 27 tahun. Saya sempat bertanya, mengapa ia tidak bergabung saja dengan usaha yang saya bangun ini. Ia datang pada saya dan berkata, ”Ayah, saya melakukan hal ini untuk kehidupan saya.” Terbukti ia melakukan apa yang diucapkannya.

Ia berpikir kritis dan berbeda dari anak muda seusianya, dan menunjukkan hasil yang terbaik pada saya. Semua hal itu membuat saya merasa bangga padanya. Sekarang ia resign dari pekerjaannya dan memilih bergabung bersama saya. Ia suka bertemu, berjejaring, dan bicara dengan banyak orang. Ia sangat ingin ikut datang ke Indonesia, tetapi belum memungkinkan. Saat ini ia sedang membangun jejaring, saling menghargai satu sama lain dengan tim yang dibangunnya, dan mengikuti program pendidikan Changing The World. Jadi saya tidak perlu khawatir dengan regenerasi STA ini.

Pertanyaaan terakhir, Mr Sullivan. Apa saran Anda pada para leader di Indonesia?

Dalam cara apapun, yang terpenting adalah kita harus melakukan segala sesuatu sesuai idealisme, jadi pegawai yang baik, jujurlah, jangan korupsi, bertanggung jawab, untuk mengikat semua orang. Memiliki banyak ide, dan bijaksana.
Anda yang bekerja di sebuah perusahaan, maupun terlibat dalam sebuah organisasi, harus berubah menuju kebaikan. Masa depan akan datang dengan cepat. Hanya dengan berubah, Anda akan meraih kesuksesan dan kebahagiaan. (CEO Stars-TS)