Pertemuan Pemimpin Global Untuk Atasi Perekonomian Dunia

06:34 on November 30, 2016 by Titie Surya in Capture
Pertemuan Pemimpin Global Untuk Atasi Perekonomian Dunia

Presiden Joko Widodo membuka ajang  pertemuan pemimpin global pada tanggal 29 Nopember 2016 dalam Forbes Global CEO Conference  yang akan berlangsung hingga 1 Desember 2016 di Shangri-La Hotel Jakarta. Acara yang merupakan agenda tahunan Forbes Media ini menghadirkan lebih dari 400 CEO, taipan, pengusaha, dan para pemimpin yang berpengaruh untuk berdiskusi dan membicarakan beragam topik yang menjadi perhatian global.

Dalam opening speech-nya Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa, hal yang paling harus dibenahi di Indonesia adalah soal ekonomi dan reformasi birokrasi. Sehingga mengharuskan pemerintah memotong subsidi bahan bakar minyak (BBM). Anggaran tersebut dialokasikan ke pembangunan infrastruktur. “Saya mengurangi subsidi BBM 80% dan 15 juta dollar AS uang fiskal terselamatkan, dan dapat kami alokasikan untuk infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan,” kata Jokowi.

Mengangkat tema “Rising to the Challenge” konferensi tahunan ini menjadi sarana  pertemuan pemimpin global untuk menyikapi situasi ekonomi saat ini. Chairman and Editor in Chief Forbes Media, Steve Forbes mengatakan, saat ini kondisi perekonomian global masih belum stabil. Bahkan tahun ini pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan hanya tumbuh 2%. Namun meski kondisi global masih memprihatinkan, menurut Steve, pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih cukup baik. Tahun ini ekonomi Indonesia tumbuh 5% dan pasar saham di Indonesia dianggap yang terbaik di dunia.

Selain itu Indonesia juga dinilai sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dan daya beli masyarakatnya juga termasuk yang terbesar di antara negara-negara G20. “Pembangunan di Indonesia sangat luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Jadi belum terlalu telat untuk investasi di Indonesia,” ujar Steve.

Forbes Global CEO Conference ke-16 ini akan menghadirkan 50 pembicara ternama dari berbagai belahan dunia untuk berbagi wawasan melalui diskusi panel mengenai beragam topik, termasuk diantaranya outlook ekonomi global, prospek di pasar berkembang atau emerging markets serta peluang investasi dalam berbagai kelas aset. Selain itu juga akan ada sesi diskusi tentang strategi dalam hal kepemimpinan, membangun nilai brand, teknologi dan inovasi, wirausaha, mengelola kesuksesan, dan filantropi. (CEO Stars-TS)