Perlunya Membangun Strategi Digital Marketing

03:16 on October 13, 2016 by Editor in Capture
Strategi Digital Marketing

Digital marketing saat ini merupakan trend dalam dunia bisnis online seiring dengan bergesernya pola behaviour masyarakat. Memasarkan produk apapun saat ini bisa dilakukan dengan hanya sekali klik dan langsung terhubung dengan dunia virtual yang luas dan menghubungkan dengan banyak konsumen.

Semakin banyak orang tergiur untuk melakukan brand awareness dengan memanfaatkan kanal-kanal sosial media maupun situs-situs internet lain. Kenyataannya meski banyak yang sukses menjalankan digital marketing namun tak sedikit yang gagal total. Menurut Jeremy Tanuardy, lulusan jurusan DKV sebuah Universitas di Bandung yang saat ini bekerja di bidang pengembangan teknologi digital, dalam sebuah sharing session di Komunitas BIG, untuk bisa sukses dalam menjalankan digital marketing perlu memahami strategi-strategi berikut :

1. Kontes
Semakin gencar brand awareness akan membuat sebuah brand semakin dikenal. Untuk itu perlu dilakukan kontes-kontes sesuai dengan sasaran target market agar brand awareness semakin tinggi.

2. Endorsing
Menurut sebuah lembaga survey jika sebuah produk diendorse oleh figur-figur ternama maka fans mereka cenderung akan mengikuti apa yang digunakan oleh idolanya tanpa banyak berpikir. Semakin dikenal publik figur yang menjadi endorser, maka suatu produk akan semakin banyak dicari dan dibeli.

3. Sponsorship dan sharing data base
Di era digital yang kian kompleks, seorang pengusaha tidak bisa berdiri sendiri. Mau tidak mau mereka harus menerapkan partnership untuk melakukan event promosi, dan sharing data base melalui kesepakatan barter produk atau saling share follower pada kanal-kanal yang mereka ikuti.

4. Konten yang kreatif
Memasarkan produk dengan semata menampilkan produk tersebut saja menjadi sangat tidak menarik. Diperlukan kreativitas konten berupa permainan kata yang tidak biasa, animasi, info grafis, atau video untuk membuat sebuah produk lebih menarik minat konsumen.

5. Terjadwal
Konten yang tidak terjadwal dengan teratur akan membuat orang lupa dan menciderai brand awareness suatu produk. Diperlukan penjadwalan konten secara teratur dan rutin sebagai sebuah langkah memasarkan suatu produk secara digital.

6. Libatkan emosi konsumen
Dalam memasarkan sebuah brand perlu melibatkan emosi customer. Sebaiknya para pengusaha memerhatikan rasa bahasa yang dapat menyentuh emosi agar customer merasa bahwa produk tersebut ‘Gue banget’ dan merangsang minat untuk memilikinya serta menjadikannya loyal customer.

7. Membangun loyalitas konsumen
Agar konsumen membeli, repeat order, dan merekomendasikan suatu produk, sebuah perusahaan perlu melakukan upaya untuk membentuk konsumen loyal dengan memberikan reward tertentu.

8. Riset dan survey
Untuk menghasilkan suatu produk base on customer need diperlukan riset dan survey secara detail. Diperlukan divisi khusus riset dan survey agar sebuah perusahaan dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara nyata dan aplikatif.

Siap memasuki digital market, Stars people? Hubungi CEO Stars untuk info lebih lanjut (CEO Stars-TS)