Pentingnya Neraca Saldo Bagi Keseimbangan Finansial Perusahaan

09:27 on October 19, 2016 by Editor in CEO insight
Pentingnya Neraca Saldo Bagi Keseimbangan Finansial Perusahaan

Kondisi finansial perusahaan erat hubungannya dengan neraca saldo. Tentu masih lekat dalam ingatan kita krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1998. Banyak perusahaan yang gulung tikar, meskipun ada beberapa perusahaan yang berusaha bertahan menghadapi terpaan krisis. Mereka yang berusaha bertahan bahkan bisa berkembang menjadi lebih besar karena memiliki keseimbangan finansial dalam neraca saldonya.

Sebuah usaha hanya bisa bertahan jika sebagai pimpinan perusahaan Stars people memahami konsep keseimbangan finansial bisnis dengan mengetahui kondisi neraca saldo. Ada 3 komponen dalam neraca saldo yaitu:

Aset

Bagaimanapun asetlah yang membuat bisnis Stars people bisa bertahan. Segala hal yang dimiliki oleh perusahaan merupakan aset. Aset-aset tersebut dapat dijual jika kondisi perusahaan melemah, dijadikan jaminan dalam proses kerjasama yang menguntungkan dan mensupport perusahaan, dan membantu proses produksi agar dapat menghasilkan sesuatu yang lebih laku di pasaran untuk meningkatkan neraca saldo menjadi lebih sehat.

Aset terbagi menjadi 2 jenis yaitu: tangible berupa aset material dan bergerak (gedung dan kendaraan), dan intangible berupa aset tak berwujud tapi memiliki nilai yang sangat tinggi seperti; logo, tagline, merek, dan hak paten perusahaan.

Beban

Sebagai pimpinan perusahaan Stars people harus pandai mengambil keputusan termasuk dalam hal melakukan pengorbanan finansial untuk membeli aset. Biaya yang Stars people keluarkan untuk membeli aset disebut beban jangka panjang. Beban terbagi 2 yaitu beban jangka pendek berupa kewajiban yang harus diselesaikan dalam waktu 1 tahun seperti pembayaran gaji karyawan. Beban jangka panjang berupa pembelian aset perusahaan semisal gedung atau kendaraan dan utang-utang yang harus dilunasi dalam jangka waktu antara 1-10 tahun.

Equitas

Modal awal yang diinvestasikan dalam bentuk saham pada perusahaan Stars people disebut Equitas. Modal tersebut harus dicicil perbulan dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan Stars people dengan investor. Pembayaran atas modal diambil dari laba bersih perusahaan dalam bentuk pembagian sebagian laba kepada pemegang saham.

Ketiga komponen dalam neraca saldo tersebut saling memengaruhi satu sama lain. Untuk lebih mudahnya Stars people dapat menggunakan rumus: Aset = Beban + Equitas. Dengan mengetahui bagaimana mengatur neraca saldo yang seimbang, Stars people dapat menganalisa risiko finansial yang harus dihadapi perusahaan. Bagaimanapun beban dan equitas akan sangat berpengaruh terhadap aset perusahaan yang Stars people miliki.

Perencanaan keuangan merupakan strategi dan rumusan keuangan terhadap tujuan yang ingin dicapai perusahaan agar dapat tetap bertahan dalam segala situasi ekonomi yang terjadi. Sebagai pimpinan perusahaan sudah siapkah Stars people untuk menghadapi segala tantangan dalam pengembangan perusahaan? Jangan lupa seimbangkan neraca saldo perusahaan sejak sekarang. (CEO Stars-TS)