Merasa Kurang Produktif? Pacu dengan 5 Kebiasaan Sederhana Ini

09:00 on October 7, 2015 by Editor in Capture, Competitive

Menjadi produktif adalah sebuah kewajiban. Bukan hanya di dunia kerja, tapi juga dalam aktivitas sehari-hari. Persaingan sengit dunia kerja yang tak lagi terelakkan, membuat produktivitas dan kreativitas mutlak diperlukan untuk tetap bertahan. Penting sekali untuk membangun kebiasaan positif demi menjaga dan meningkatkan produktivitas. Lima kebiasaan sederhana ini bisa Stars people lakukan untuk tetap produktif :

1. Bangun lebih pagi
Tidur cukup di malam hari dan bangun lebih pagi, kenapa tidak? Energi yang diberikan alam saat pagi hari sungguh luar biasa. Mulai dari udara bersih yang bisa leluasa kita hirup, pikiran badan yang masih terasa segar lepas beristirahat, dan banyaknya waktu untuk mempersiapkan segala aktivitas. Ahli Biologi Harvard, Christoph Randler mengatakan bahwa bangun pagi lebih awal membuat orang lebih proaktif. Dalam penelitiannya, dia menemukan bawa orang-orang yang mempunyai kebiasaan bangun pagi lebih handal mengantisipasi keadaan. Bahkan sebuah studi menunjukkan orang dewasa yang punya kebiasaan bangun pagi jauh lebih bahagia dibanding anak muda pada umumnya.

2. Cukup tidur dan matikan seluruh gadget saat tidur
Tubuh dan pikiran kita perlu beristirahat setelah aktivitas seharian yang melelahkan. Tak perlu memaksakan terjaga di malam hari demi mengerjakan pekerjaan yang menumpuk. Yang akan terjadi justru otak mengajak untuk fokus namun tubuh merespon yang berbeda karena lelah. Jika sudah demikian justru produktivitas justru akan menurun. Selain waktu tidur yang cukup, perhatikan juga kualitas tidur. Tidur berkualitas membutuhkan pikiran dan badan yang relaks. Membawa gadget dalam keadaan ON agar bisa sekadar browsing atau menerima telepon, pesan dan game justru membuat otak makin lelah.

3. Memulai pagi dengan bersyukur
Terdengar begitu klise, tetapi memulai pagi dengan bersyukur mampu memberikan semangat untuk selalu berkarya loh Stars people. Saat bersyukur kita akan melihat betapa banyak yang telah kita peroleh. Everyday is good enough to begin a new life. Dengan bersyukur, kita akan siap menghadapi setiap tantangan yang muncul, siap menciptakan peluang baru dan siap menciptakan sesuatu yang baru.

4. Olahraga
Kebiasaan olah raga tidak hanya bermanfaat bagi kesegaran dan kesehatan tubuh, tapi juga meningkatkan produktivitas. Sebuah penelitian dari New England University di Australia menemukan bahwa olahraga sejenis kardio secara langsung mengurangi tekanan dan stres fisik maupun emosional yang disebabkan oleh rutinitas dan pekerjaan di kantor. Jadi mulai selipkan waktu untuk olahraga di sela kesibukan Stars people agar produktivitas terjaga.

5. Relaksasi
Sebuah studi yang dilakukan inc.com terhadap salah satu startup di Amerika Serikat menyebutkan bahwa workaholic atau mereka yang bekerja di atas 70 jam seminggu, berisiko lebih tinggi mengidap penyakit jantung, perilaku penyalahgunaan alkohol, dan kematian dini. Jadi kenapa tidak meluangkan waktu untuk sekadar melepas penat dan beristirahat sesuai waktunya, bahkan jika memungkinkan atur jadwal berlibur saat off kerja. Karyawan yang memiliki kesadaran terhadap keseimbangan waktu kerja akan mampu menjadi lebih produktif dibanding workaholic. (CEO Stars-AP)