Miliki Jaringan Bisnis Ribuan Data

02:16 on June 20, 2017 by Gunawan Ardiyanto in Capture

Modal seringkali menjadi alasan seseorang dalam memulai atau mengembangkan bisnis. Padahal, banyak hal yang bisa dipakai sebagai modal untuk memulai sebuah usaha atau bisnis, yakni apa yang kita kuasai. Ilmu atau latar belakang pendidikan, pengetahuan, maupun pengalaman kerja dapat kita kembangkan menjadi modal usaha. Stars people bisa menjadikan apapun yang dimiliki sebagai modal, termasuk hobi, pekarangan rumah, rumah itu sendiri, garasinya, semua bisa dikembangkan menjadi modal. Namun tak kalah penting dari itu semua adalah jaringan.

 

Manfaatkan Media Sosial

Membangun jaringan di jaman sekarang sangat mudah karena dibantu media sosial maupun messenger. Kita bisa kembangkan data jaringan lewat akun medsos kita, seperti facebook, instagram, twitter, dan sebagainya. Maksimalkan pemakaian messenger seperti whatsapp, BBM, Line, dan sebagainya untuk mengembangkan jaringan itu. Mereka semua adalah sarana untuk membuka jutaan pintu peluang.

 

Rahasia Di Balik Ribuan Data Base

Banyak yang bertanya, “Pak Gun apa sih rahasia punya data base ribuan?” Rahasia saya cuma bermodal berjejaring setiap saat. Staf saya hanya gadget dan akun media sosial. Saya tidak lagi punya karyawan tetap untuk digaji bulanan. Saat ini saya memiliki sekitar 27.000 ribuan data base potensial. Kuncinya adalah kemauan untuk mengumpulkan dan mengoneksikan jaringan yang kita miliki tersebut.

 

Leader Wajib Bangun Jaringan

Sebenarnya tidak hanya pemimpin saja, semua orang seharusnya punya jaringan yang bisa mengantarkannya menuju puncak pencapaian. Saya mengumpulkan kartu nama sejak pertama kali kerja tahun 1994 hingga sekarang terkumpul hampir 50 box kartu nama, sekira 5.000. Untuk mengembangkan jaringan, yang saya lakukan adalah menulis buku sejak 2009 hingga sekarang, dengan total 18 judul buku. Mulai 2010 saya secara serius membangun network dimulai dengan berkomunikasi dengan para pembaca, yaitu dengan cara membuat acara bedah buku, keliling 10 kota di Jawa pada tahun 2010. Saya menulis di beberapa media jaringan nasional maupun lokal, mengadakan tour bedah buku di Jawa setiap dua tahun sekali, lalu saya lengkapi dengan membuat grup whatsapp, dimana sudah ada 300 grup. Saya membuat komunitas AGOEN Network Indonesia di 30 Kota Indonesia, baik secara online maupun offline. (CEO Stars-RD)