Merencanakan Sukses Sejak Usia 20 Tahunan

09:49 on November 28, 2016 by Titie Surya in CEO insight
Merencakan Sukses DI Usia 20 Tahunan

Usia 20 tahunan adalah masa dewasa awal yang sangat menarik sekaligus krusial dalam perjalanan hidup manusia. Banyak yang beranggapan usia 20-an adalah masa dimana seseorang bisa bersenang-senang karena telah memiliki penghasilan sendiri sebagai seorang pekerja. Sementara bagi sebagian yang lain, usia 20-an adalah masa yang tepat untuk merencanakan kesuksesan di masa yang akan datang.

Sebut saja CEO Starbucks Howard Schultz memelajari banyak hal dari pekerjaannya sebagai salesman. Berbagai pelajaran berbisnis yang diperolehnya sejak usia 20-an itu yang kemudian menjadi modalnya menjadi miliarder. Ada juga Eric Schmidt, pimpinan eksekutif Google yang menghabiskan sebagian besar masa mudanya di kampus untuk belajar banyak hal sebagai bagian dari rencana kesuksesannya. Jika Stars people ingin mulai merencakan kesuksesan di usia 20 tahunan, mulailah dengan melakukan hal-hal berikut ini:

Tuliskan semua tujuan dengan detil

Tuliskan semua rencana menuju sukses dalam bentuk tahapan-tahapan yang detil. Jangan cuma mengkhayalkan impian. Tulis semua impian yang ingin dicapai dan bagaimana cara untuk mencapainya.

Belajar dan banyak membaca

Eric Schmidt mantan CEO Google mengatakan ia menghabiskan masa mudanya untuk belajar dan membaca. Ia mengambil berbagai jurusan  mulai dari desain hingga jaringan komputer. Bahkan sebagian besar inspirasinya berasal dari kehidupan di kampus. Banyak membaca juga akan memperkaya Stars people dengan ilmu-ilmu baru dari segala disiplin ilmu dan dari ruang-ruang kehidupan.

Belajar memahami diri sendiri

Belajarlah memahami apa yang menjadi pendorong terbesar dalam hidup Stars people di usia 20-an. Pahami apa yang hendak dicapai dan menjadi kekhawatiran, kelemahan, kekuatan, serta siapa orang yang benar-benar peduli terhadap diri Stars people. Dengan memahami semua itu akan membantu Stars people menenangkan pikiran dan menyiapkan jalan menuju kesuksesan.

Mulailah menabung untuk rencana masa depan

Berapapun penghasilan Stars people, cobalah sisihkan untuk ditabung. Rencanakan masa depan dengan menyiapkan dana darurat dan investasi mulai dari yang kecil, dan perlahan bertambah dari tahun ke tahun.

Menjaga kesehatan sedini mungkin

Usia 20 tahunan merupakan usia yang prima. Mulailah menjaga kesehatan sedini mungkin dengan mengatur pola hidup dan pola makan yang sehat. Lakukan olahraga dan jaga kesehatan kulit. Membiasakan olahraga sejak dini jauh lebih mudah daripada baru memulainya di saat usia tidak lagi muda.

Bekerjalah sesuai passion jangan sekadar mengejar uang

Steve Jobs, pendiri Apple, mengatakan, “Jika Anda tidak mencintai sesuatu, Anda tidak akan kemana-mana, tidak akan lembur, dan tidak bisa terlalu menyalahkan keadaan.” Pada saat bekerja dan memperjuangkan apa yang disukai, bisa saja Stars people berpeluang memperoleh kehidupan lebih baik, ketimbang tidak melakukan apa-apa atas passion yang Stars people miliki.

Traveling untuk membuka wawasan berpikir

Traveling akan membuka kesempatan mengenal berbagai budaya baru, dan membuka wawasan serta  cara berpikir baru. Selain itu, sering bepergian akan membantu Stars people lebih percaya diri, meningkatkan keterampilan berinteraksi, serta menambah berbagai kenangan yang akan memperkaya kehidupan.

Jangan jadikan smartphone sebagai nyawa kedua

Saat ini smarthphone menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan. Seolah menjadi nyawa kedua. Bijaklah menggunakan smartphone sejak usia 20-an. Ada baiknya meluangkan waktu lebih banyak untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekeliling Stars people. Jika Stars people mencoba lebih memperhatikan kejadian nyata di sekeliling, sebetulnya bisa belajar banyak hal, mendengar lebih baik, dan berkontribusi aktif terhadap aktivitas postif di sekitar Stars people.

Jangan hiraukan ucapan-ucapan yang melemahkan

Jangan pedulikan ucapan-ucapan yang akan melemahkan semangat Stars people dalam merancang dan bekerja menuju kesuksesan. Abaikan saja semua ucapan negatif dan fokuslah untuk meraih kesuksesan. Dengan mengabaikannya Stars people sebenarnya sedang mendorong diri sendiri ke puncak sukses dan mempermudah menjalani masa-masa sulit.

Sukses tidak datang dengan tiba-tiba. Perlu disiapkan sedini mungkin. Pengusaha super sukses Richard Branson mengaku bekerja siang dan malam demi membangun berbagai bisnis yang diimpikannya sejak usia 20 tahunan. Stars people masih berusia 20-an? Mulailah rencanakan kesuksesan dari sekarang sebelum usia beranjak menua. (CEO Stars-TS)