Menjadi Pebisnis Tidak Semata Menghasilkan Uang

03:36 on June 29, 2015 by Editor in Capture

Menjadi pebisnis adalah impian setiap orang. Dengan asumi bahwa menjadi pebisnis adalah sebuah jalan untuk mencapai kesuksesan, keberhasilan, dan juga tentu kekayaan. Kata bisnis sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris bussines yang arti kata dasarnya adalah sibuk. Maka pebisnis adalah seseorang yang sedang sibuk melakukan pekerjaan dan kegiatan yang bisa mendatangkan keuntungan dalam lingkup masyarakat, komunitas, maupun individual.

Menjadi seorang pebisnis bisa dilakukan oleh siapa saja yang mau segera keluar dari zona nyamannya. Zona aman adalah zona nyaman seseorang yang menyebabkan ia enggan untuk melakukan hal-hal yang baru, enggan memperbaiki diri, enggan bertumbuh, dan sangat kental dengan aroma asumsi. Zona nyaman membuat seseorang berasumsi bahwa ia telah melakukan banyak hal baik, bahwa ia baik-baik saja, bahwa kondisinya saat ini saja sudah lebih dari cukup. Dalam zona seperti ini, seseorang sulit menemukan potensi terbaiknya.

Untuk menemukan potensi terbaik dalam diri seseorang, ia harus mau mengubah cara pandangnya terhadap kehidupan. Dibutuhkan keberanian untuk menabrak rambu-rambu aman yang selama ini telah menjadi pakem dalam kehidupan. Begitupun jika ia ingin menjadi pebisnis. Bagaimana mungkin bisa menjadi pebisnis, jika pikiran dan cara pandang tehadap kehidupan seperti katak dalam tempurung? Karena being in business is not about making money, it’s a way to become who you are.

Menjadi pebisnis bukan hanya soal menghasilkan uang, tapi bagaimana menjadi diri Anda yang sebenarnya. Menjadi pribadi yang berpotensi dan layak diperhitungkan di kancah bisnis itu sendiri.

Setelah keluar dari zona nyaman, segeralah lakukan :

  1. Jangan menunda. Do it now. Karena waktu tidak pernah berhenti untuk menunggu.
  2. Buat konsep sematang mungkin. Temukan potensi terbaik dan rancang strategi bisnis sesuai passion yang Anda miliki dan buat rinciannya secara detil.
  3. Fokuslah pada tujuan.
  4. Buatlah teamwork yang memiliki kapasitas kemampuan sesuai dengan bussines plan
  5. Nikmati proses dan bersabarlah sambil terus mengevaluasi target-target secara ketat.

Menjadi pebisnis tidak sekedar uji coba kemampuan Anda di luar zona nyaman. Juga tidak penting seberapa besar rencana bisnis Anda. Menjadi pebisnis adalah sebuah proses menghargai diri sendiri dan orang lain. Sebuah proses yang harus dilalui untuk menikmati manisnya sebuah keberhasilan. (CEOStars-TS)