Mengapa Networking Harus Masuk Daftar Resolusi?

02:31 on December 29, 2016 by Editor in Capture

Makan waktu, butuh banyak energi dan biaya. Siapa yang tidak mengakui tiga musuh besar para profesional ini? Tetapi networking atau berjejaring tetaplah kebutuhan wajib yang harus ada dalam daftar pekerjaan seorang profesional yang sukses. Studi dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa 15% alasan seseorang mendapatkan pekerjaan, menjaga, ataupun menjadi ahli di dalamnya terkait erat dengan keahlian teknis. Sementara 85% sangat berkaitan dengan people skills dimana salah satunya adalah keahlian berjejaring.

Siapa yang mengenal kita?

Madeline Bell, CEO The Children’s Hospital of Philadelphia (CHOP), sebuah rumah sakit yang masuk peringkat teratas rumah sakit anak di Amerika Serikat mengatakan seseorang biasanya mendapatkan pekerjaan bukan karena latar belakang pendidikan maupun apa yang dia tahu melainkan karena siapa yang mengenalnya. Tentu ini berlaku bagi para profesional di level karir menengah ke atas.

Networking mengembangkan brand

Tanpa disadari di balik buang-buang waktu saat harus bertemu dengan banyak orang, di situlah nama seseorang sedang dibangun. Tahukah Anda siapa orang-orang di perusahaan Anda yang paling banyak dikenal publik? Tak lain dan tak bukan adalah mereka yang menduduki kursi jabatan humas, sales, marketing, direktur, dan atau posisi lain yang berinteraksi dengan kahalayak. Networking memperkuat personal branding seseorang dan nama baik yang ‘beredar’ tentu menjadikan brand makin luas di kenal.

Networking membuat fondasi Anda kokoh

Dean Drako, Presiden, CEO, sekaligus Founder Eagle Eye Networks pernah mengatakan obligasi paling besar dari seorang profesional adalah pada pelanggan dan timnya. Seorang leader bertanggung jawab atas arah dan strategi perusahaannya, termasuk eksekusi yang dibuat. Itu hanya jika seseorang merasa bertanggung jawab penuh.

Networking membantu jualan Anda

Bertemu dengan calon penjual menjadi efek domino berikutnya dari nama diri yang beredar luas. Hanya dengan ke luar kantor alias berjejaring seseorang dapat bertemu dengan calon pembeli dan mengetahui kebutuhannya. Jika fungsi ini dijalankan dengan baik, maka bukan tidak mungkin target perusahaan tercapai dengan sempurna.

Networking mengoneksikan Anda dengan orang-orang terbaik

Keuntungan dari berjejaring lainnya adalah mempertemukan dengan orang-orang terbaik di bidangnya. Itulah mengapa dibutuhkan keahlian berkomunikasi prima untuk dapat menjalankan fungsi profesionalisme ini dengan baik. Pertajam people skills Anda dan agenda berjejaring Anda dijamin menuai hasil terbaiknya.

Networking mengantarkan Anda pada masa depan

Dalam sebuah artikelnya di Forbes, Joel Trummell menulis akan pentingnya peran seorang CEO dimana dibutuhkan keseimbangan. Salah satu peran itu didapat dengan berjejaring. Seorang pemimpin dituntut untuk memiliki kepekaan berjejaring karena di pundaknya terdapat nama besar perusahaan. Sudahkah Anda memasukkan networking dalam daftar resolusi tahun depan? (CEO Stars-FH)