Mengapa Leadership Tetap Jadi Tren di 2017 

02:53 on January 31, 2017 by Ficky A. Hidajat in Capture

Berbeda dengan teknologi yang selalu datang dan pergi, leadership akan terus menjadi tren sepanjang tahun. Ini tak lepas dari kebutuhan akan sumber daya manusia berkualitas. Leadership yang baik dapat membantu perusahaan mengatasi setiap tantangan. HR Payrol System mencatat setidaknya ada tujuh karakteristik yang membentuk seorang pemimpin sukses:

1. Empati pada anak buah

Kepekaan pada karyawan merupakan yang paling utama dalan membentuk seorang pemimpin yang hebat. Mereka akan mendengarkan dan merespon anak buahnya. Pemimpin dengan rasa empati tinggi memahami betul latar belakang karyawan sehingga bisa menentukan sikap terbaik pada saat menghadapi permasalahan.

2. Kemampuan mendelegasikan tugas

Ini juga yang vital dari kepemimpinan. Di sebuah organisasi yang terdapat banyak bakat, seorang pemimpin harus bisa memetakan setiap sumber daya manusia (SDM) yang ada di pos yang tepat. Kebutuhan ini berkait erat dengan kemampuan menjalankan tugas dengan baik. Pemimpin yang baik dapat mendelegasikan tugas dengan baik pada SDM yang tepat.

3. Kemampuan membimbing dan menginspirasi

Menjadi role model juga bagian dari peran seorang leader. Ia harus bisa mengantarkan tim pada tujuan bersama yang ingin dicapai. Untuk menjalankan fungsi ini, komunikasi memegang peran penting. Komunikasi tegas dengan pesan jelas menjadi kata kuncinya. Sementara saat menjadi sumber inspirasi karyawan, seorang pemimpin harus bisa bertindak sebagai mentor untuk menciptakan leader.

4. Sikap positif

Easy going dan selalu bahagia di setiap suasana bukan sikap positif yang dimaksud. Sikap positif dari seorang leader yang dapat menumbuhkan sikap positif yang sama pada bawahan direpresentasikan dengan sikap memandang segala sesuatunya dari sudut pandang positif. Ia bisa menjadi dan memberi pelajaran positif dari setiap hal.

5. Keinginan mempelajari hal baru

Kondisi yang selalu berubah yang menuntut seseorang untuk bisa beradaptasi serta fleksibel dengan segala perubahan juga penting diajarkan pada tim. Kemampuan beradaptasi dengan baik dibutuhkan terlebih pada saat kondisi buruk.

6. Menjadi pribadi terpercaya

Menjadi pemimpin adalah tentang menjadi pribadi terpercaya. Bisa dibayangkan jika pemimpin tak mampu menunjukkan keakuratan berpikir, bersikap, dan bertingkah laku. Yang ada bawahan akan kehilangan pegangan. Tidak ada role model yang dapat ditiru. Padahal salah satu fungsi seorang pemimpin adalah menjadi kompas dari laju perusahaan.

7. Ketegasan di setiap tindakan

Ketegasan dalam setiap tindakan dibutuhkan oleh bawahan. Pemimpin yang tidak dapat dipegang setiap kata dan tindakannya menjadi contoh buruk dari leadership yang gagal. Pemimpin yang baik mampu membuat keputusan cepat dan tepat, dan setiap keputusannya menjadi pengalaman belajar yang baik. (CEO Stars-FH)