Mengapa CEO Perlu Punya Skill Komunitas?

10:26 on July 31, 2015 by Editor in Community

Hampir semua perusahaan besar mengelola komunitas karena manfaat besar darinya diperoleh. Bukan hanya untuk pertumbuhan bisnis namun juga pengembangan diri dari sumber daya manusia di perusahaan tersebut, terlebih bagi seorang Chief Executive Officer (CEO).

1. Mempertajam skill kepemimpinan – Mengelola komunitas berbeda dengan mengelola perusahaan. Bukan hanya ketegasan yang dituntut, melainkan kesabaran tanpa batas.

2. Mengasah kepekaan – Beragam latar belakang menjadikan CEO memahami hal-hal yang tidak ia ketahui sebelumnya. Di komunitas memungkinkan bertemu karakter orang-orang dengan segala keasliannya dengan fleksibilitas sangat tinggi. Bukan berarti semua yang di perusahaan palsu. Namun aturan perusahaan masih mampu ‘mengatur’ orang-orang di dalamnya untuk tunduk.

Mall sering menjadi tempat favorit kumpul kegiatan komunitas.

Mall sering menjadi tempat favorit kumpul kegiatan komunitas.

3. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi – Inilah manfaat vital lain dari mengelola komunitas. Kemampuan menyampaikan pesan ataupun keahlian dalam mediasi menjadikan skill berkomunikasi CEO makin terasah.

4. Memancing potensi terpendam – Di komunitas, Stars people akan menemui hal-hal yang tidak terpikir sebelumnya. Bahkan bisa jadi tidak ditemukan di organisasi perusahaan.

5. Mengembangkan rasa toleransi yang luas – Karena beragam latar belakang masuk di komunitas, secara otomatis rasa toleransi yang berlaku juga makin lebar.

Memang mengelola komunitas tidaklah mudah. Selain butuh menyediakan waktu tidak sedikit, perlu kesabaran tinggi dalam mengurus komunitas. Founder Woman Online Community Surabaya (WOSCA) Lilies Rollina mengutarakan pengalamannya dalam menangani ibu-ibu di komunitas bentukannya. Kesabaran menjadi kunci sukses utama dalam mengelola komunitas. Yang diperlukan kedua adalah harus mampu menjadi penengah yang baik. Dalam hal ini, pada saat terjadi konflik, Stars people harus mengedepankan kepentingan bersama. Dan terakhir adalah mampu menyimpan rahasia semua pihak. Sebagai leader dari komunitas, Stars people akan mendapatkan curhat demi curhat anggota. Dan itu harus disimpan dengan baik. (CEO Stars-RD)