Mengapa Bisnis Perlu Mengutamakan 5 Strategi Digital Marketing Ini?

11:19 on December 18, 2017 by Editor in Capture, CEO insight

Data business2community tentang kepercayaan terhadap iklan online digital marketing di kawasan Asia Tenggara menempatkan search engine sebagai yang tertinggi dalam promosi produk/jasa, yakni 57%. Selisih sedikit di atas media sosial 53%, video online 52%, dan online banner 47%.

Selain itu sejak tahun 2014 iklan di internet mengalahkan iklan di televisi dan jaringan televisi kabel. Dari data di atas, digital marketing sangat pas untuk diterapkan bagi perusahaan skala kecil dan menengah. Bagaimana dengan perusahaan besar? Tetap membutuhkan. Hanya saja untuk mereka yang masih harus berhemat dengan biaya promosi, maka digital marketing jawabannya.

Fungsi dari digital marketing antara lain menghubungkan konsumen lewat koneksi internet, menghasilkan penjualan yang tinggi, lebih hemat, menghubungkan pelanggan yang selalu bergerak alias mobile, dapat bersaing dengan perusahaan besar, dan tentunya menaikkan nama.

Apa saja kelima prioritas dari strategi pemasaran digital tersebut dan keahlian apa saja yang dibutuhkan?

1. Digital Advertising

Bahasa sederhananya adalah bagaimana beriklan secara digital. Kita tahu bahwa tren belanja iklan saat ini bergeser dari media konfensional (koran, televisi, radio, majalah) ke digital (media berbasis internet). Oleh karenanya dibutuhkan seorang yang ahli dalam Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Graphic Design, Pay Per Click Analytic, Digital Business Anaylitic, dan Digital Project Management.

2. Social Marketing

Skill yang dibutuhkan untuk menguatkan kegiatan social marketing ini adalah Social Media Management, Creative Design, Content Strategy, Digital Business Analytic.

3. Website Design/Development

Meliputi kemampuan membuat ui/ux design, front end development, content creation & management, web development,consumer behavioral analytic, hingga ke manajemen dari produk yang dibuat atau product management.

4. Content Development

Untuk memperkuat content Stars people, maka dibutuhkan sejumlah keahlian, diantaranya Content Management, Digital Project Management, SEO/SEM, Web Traffic Analytic, dan content creation & management.

5. Marketing Development

Pemasaran produk akan maksimal jika menguasai keahlian-keahlian berikut: Mobile Design, Mobile Development, Web Traffic Analytic, e-commerce analytic. (CEO Stars-WS)