Membangun Hubungan Sehat Di Lingkungan Kerja

07:15 on November 16, 2016 by Titie Surya in CEO insight
Membangun Hubungan Sehat Di Lingkungan Kerja

Membangun hubungan sehat di lingkungan kerja merupakan kewajiban semua orang yang terlibat di dalamnya. Hubungan yang sehat dapat menentukan tingkat kedekatan dan kenyamanan antara pihak yang berinteraksi. Semakin dekat dan nyaman maka hubungan tersebut akan dibawa pada tingkatan yang lebih tinggi.

Pada dasarnya tingkat pemahaman akan pentingnya hubungan baik tidaklah sama pada setiap orang. Banyak dyang mudah bergaul, sementara tidak sedikit yang bersikap kaku, sulit bergaul dan tidak mudah berkomunikasi. Menurut Maria Theresia Widyastuti, Psikolog lingkungan kerja, Yang jadi masalah dalam komunikasi itu ialah saat seseorang tidak memahami style dari masing-masing individu. Karena tidak saling mengerti, akhirnya jadi salah paham. Agar tercipta hubungan sehat di lingkungan kerja, ada baiknya Stars people melakukan beberapa hal berikut ini:

Komunikasi interpersonal

Stars people harus meluangkan waktu untuk mempelajari perbedaan karakter dan sifat dari masing-masing individu di lingkungan kerja agar dapat melakukan komunikasi interpersonal yang baik. Perbedaan karakter, usia, dan style akan berdampak pada perbedaan cara berkomunikasi. Beradaptasilah dengan perbedaan yang ada.

Saling membantu

Adakalanya rekan kerja kita mengalami hambatan dalam menyelesaikan pekerjaannya karena kondisi tubuh yang kurang sehat atau kondisi lain yang memang tidak diinginkannya. Tidak ada salahnya Stars people menawarkan bantuan. Hal itu akan membangun citra positif Stars people dan mengundang simpati dari rekan kerja.

Kontrol ego dan emosi

Tidak jarang Stars people harus bekerja sama dengan beberapa rekan kerja dalam sebuah tim untuk menyelesaikan suatu proyek. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya kontrol ego dan emosi. Jangan mau menang sendiri dan memaksakan kehendak dan pendapat untuk diterima. Alih-alih menjadi trouble maker sebaiknya jadilah orang yang dapat diandalkan di dalam tim.

Berilah apresiasi

Biasakan mengucapkan terima kasih dan mengungkapkan rasa senang saat bekerja sama dengan rekan kerja. Ucapan terima kasih yang tulus dan ekspresi yang menyenangkan merupakan apresiasi yang sangat berarti untuk rekan kerja Stars people.

Lakukan informal meeting

Hubungan yang sehat tidak bisa hanya dibina sebatas dalam ruangan kerja saja. Luangkan waktu Stars people untuk melakukan pertemuan dan percakapan informal di luar rutinitas pekerjaan sehari-hari. Bisa sambil makan siang bersama, atau sekadar chit chat saat coffee break. 

Jadilah pendengar yang baik

Setiap orang ingin didengar. Tidak ada salahnya Stars people menyediakan diri untuk mendengar cerita, keluhan, berita gembira, atau apapun yang termasuk urusan kantor bahkan masalah pribadi. Sebagaimana yang dikatakan oleh Bernard M. Baruch, Ekonom dan mantan penasehat presiden Amerika, “Most of the successful people I’ve known are the ones who do more listening than talking.” Jadilah pendengar yang baik, dan jagalah kepercayaan mereka sebagai rahasia yang harus Stars people jaga.

Hindari gosip dan konflik

Update berita seputar lingkungan kerja adalah sebuah keharusan, tapi bergosip hendaknya dihindari. Gosip akan membuat Stars people terseret dalam arus konflik yang tidak menyenangkan. Konflik yang terjadi terus menerus akan merusak hubungan baik dan akan membawa ke dalam situasi yang tidak sehat.

Membangun hubungan sehat dalam lingkungan kerja menjadi syarat mutlak untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas team work. Hubungan yang sehat juga akan membuat Stars people mudah mencapai tujuan pribadi dan karir karena dikelilingi oleh rekan-rekan kerja yang selalu berpikir dan bersikap positif. (CEO Stars-TS)