Membangun Budaya Inovasi Melalui Gamifikasi

10:54 on November 3, 2016 by Titie Surya in Capture
Membangun Budaya Inovasi Melalui Gimifikasi

Dunia bisnis menghadapi tantangan yang tidak ringan seiring dengan perkembangan jaman, sehingga mendorong kebutuhan inovasi di seluruh level organisasi. Untuk menghadapi segala tantangan diperlukan agility (kelincahan), sayangnya belum banyak organisasi yang memiliki budaya inovasi yang merupakan prasyarat tumbuhnya inovasi di seluruh jenjang organisasi.

Dalam workshop Building a Culture of Innovation through Gamification di Ritz Carlton Hotel hari ini, Jamil Azzaini, co-founder dan CEO Kubik Leadership, mengatakan, “Untuk membangun budaya inovasi dibutuhkan kesadaran inovasi yang meliputi sistem, infrastruktur, dan manusianya.”

Untungnya telah ditemukan sebuah pendekatan bernama gamification yang dapat membantu para pelaku bisnis membentuk budaya inovasi. Gamifikasi adalah penerapan prinsip-prinsip dan elemen-elemen permainan (game) dalam konteks pekerjaan. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa gamifikasi memiliki pengaruh positif dalam membentuk perilaku manusia.

Seluruh peserta dan pembicara workshop building a Culture of Innovation through Gamification

Menurut Indrawan Nugroho, CEO dan lead consultant Cipta Innovation selaku workshop leader, gamification adalah pendekatan baru yang mengutamakan upaya membangun budaya inovasi dengan cara yang menyenangkan agar bisa diserap dengan mudah oleh generasi milenial.

Setiap pebisnis harus berpikir ‘what business are you really in?’ agar bisa mengembangkan kreativitas. “Creativity is the first required leadership today,” ujar Stuart Lloyd, Chief Hotheads at Hotheads Innovation, di sesi ke-2 pada workshop tersebut.

Pada sesi ketiga, Eko Nugroho, CEO dan lead game designer Kummara, mengatakan, “Kunci penerapan gamification dalam perusahaan hanya bisa dilakukan oleh orang dalam perusahaan sendiri. Oleh Anda.”

Workshop yang diselenggarakan oleh Coorporateinnovation.asia ini bekerjasama dengan Kubik Leadership, Cipta Innovation, Kummara, dan Hotheads Innovation berlangsung seru dan sangat menarik dengan pendekatan gamifikasi yang fun dan diikuti oleh 112 peserta. (CEO Stars-TS)