Mau Lebih Produktif? Penuhi Syarat Ruang Kerja Ini

03:43 on June 4, 2017 by Editor in Capture

Karyawan Tidak Produktif? Jangan-Jangan ada yang salah dengan interior kerjanya. Anddys Firstanty arsitek bangunan hijau dari Anddys Green Architect (AGA) mengatakan banyak orang mengabaikan pentingnya bangunan sehat bagi penghuninya. Bahkan tidak sedikit dari bangunan yang terkategori ‘sakit’ yang menyebabkan penghuninya mengalami Sick Building Syndrome atau sindroma gangguan pada fisik yang disebabkan oleh bangunan yang tidak sehat. Beberapa yang sering terjadi seperti flu, pilek, batuk, atau gangguan pernapasan.

Anddys menyarankan para manajer perusahaan untuk lebih memerhatikan hal ini. Jika tidak, bukan hanya sindroma yang merugikan kesehatan karyawan, namun juga produktivitas kerja yang terus menurun terjadi dan berdampak pada kelangsungan perusahaan. Berikut 5 kriteria ruang kerja sehat menurut Anddys:

A. Respect for human/user

Ini persyaratan pertama sebuah bangunan sehat. Bagaimana mungkin seseorang bisa nyaman tinggal di sebuah bangunan yang ia sendiri merasa tidak nyaman, bukan? Ruang yang sesuai bagi penggunanya, siapapun mereka, dari karyawan maupun tamu. Penting bagi manajer memerhatikan hal ini demi menjaga produktivitas tim. Jika sudah terlanjur bagaimana? Anddys menyarankan manajemen perusahaan untuk mengonsultasikan dengan arsitek hijau yang paham betul tentang ini.

B. Respect for site

Ruang kerja disesuaikan dengan bangunan eksistingnya dan lingkungan sekitarnya. Ini juga mutlak menjadi perhatian dalam menciptakan bangunan sehat. Bangunan itu ibarat manusia yang juga harus diperlakukan dengan baik. Dengan perlakuan yang baik kita akan mendapatkan kualitas bangunan yang baik.

C. Working with climate

Bekerjasama dengan iklim. Artinya ketika mendesain harus diperhatikan iklim setempat agar dapat meningkatkan nilai dari bangunan itu sendiri. Di AGA sangat diperhatikan betul unsur ini karena kita tidak bisa lepas dari alam. “Hidup itu harus menyatu dengan alam.” Imbuh Anddys.

D. Conservation energy

Konservasi energi yang sudah ada sehingga berkelanjutan dan terus ada peningkatan penghematan. Kriteria ini juga harus dimasukkan pada saat mendesain ruang kerja atau bangunan. Contoh desain yang eco-friendly yakni bangunan yang memerhatikan pencahayaan alami yang baik sehingga hemat dalam penggunaan listrik dan sirkulasi udara yang baik.

E. Minimizing new resources

Meminimalisir sumberdaya baru. Bisnis adalah tentang efisiensi. Semakin lama penggunaan material semakin baik penghematan yang didapat perusahaan. Konsep seperti ini perlu dikenalkan pada siapapun yang ada di sana sehingga semua orang di perusahaan tersebut mendukung terciptanya lingkungan kerja yang kondusif. Dapatkan konsultasi tentang bangunan sehat yang lebih produktif dengan menghubungi Anddys Green Architect di 08113381338. (CEO Stars-RD)