Masih Suka Minum Soft Drink?

02:47 on September 6, 2015 by Editor in Capture, Coffee Break

sugar-in-coke

Lebih dari 1/3 orang dewasa dan 12,5 juta anak-anak maupun remaja di Amerika Serikat mengalami obesitas. Dalam 30 tahun terakhir jumlahnya meningkat hampir tiga kali lipat terjadi pada anak-anak dan remaja. Mengonsumsi satu kaleng soft drink sama dengan memasukkan 10 sendok teh gula ke dalam tubuh. Rata-rata orang dewasa di Amerika Serikat minum 500 kaleng minuman bersoda setahun dimana sekitar 10 kilogram gula yang mereka konsumsi berasal dari minumansoft drink.

Penelitian lain oleh ilmuwan di UC Davis menemukan fakta menarik dari hasil penelitiannya yang melibatkan 85 orang usia muda yang sehat. Selama 2 minggu, mereka diminta meminum satu dosis minuman bersoda dan menjalani tes darah. Mereka dibagi ke dalam beberapa golongan yang dibedakan atas jumlah pemanis buatan yang dimasukkan ke dalam minuman yang dikonsumsi. Inilah temuan menarik dari penelitian tersebut :

1. Terjadi perubahan pada parameter darah, seperti lipoprotein, trigliserida dan uric acid terjadi pada semua kelompok. Bahkan pada kelompok pengonsumsi pemanis buatan dalam jumlah terendah sekalipun. Perubahan-perubahan itu secara signifikan berpengaruh pada terjadinya penyakit jantung.

2. Minum hanya 1 kaleng minuman soda sehari, sama dengan 140 kalori dimana hal tersebut setara dengan 7% dari sebuah diet 2.000 kalori.

3. Penelitian ini hanya dilakukan dalam waktu singkat, yakni dua minggu. Apa yang terjadi pastinya akan lebih berpengaruh jika penelitian dilakukan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

4. Pemanis buatan yang digunakan adalah sirup dengan fruktosa tinggi berasal dari jagung. Ini tidak sama dengan pemakaian gula yang sebenarnya. (CEO Stars-RD)