Leadership Level: Di Level Mana Tingkat Kepemimpinan Anda?

01:32 on July 31, 2018 by Westi Surya in Capture, CEO insight

Memiliki jabatan di sebuah organisasi tidak lantas menjadikan seseorang ‘benar-benar’ menjadi seorang pemimpin. Ia baru menempati level kepemimpinan paling mendasar, hingga kinerjanya mampu mengubah orang-orang di sekitarnya menjadi lebih baik. Menjadi ‘the real leader‘ sangatlah tidak mudah, hanya orang-orang yang mau bekerja keraslah yang dapat mencapai level kepemimpinan tertinggi. Bagaimana level kepemimpinan Anda jika dilihat dari konsep John C. Maxwell?

1. Position
Kata kunci: Rights (hak)

Tipe pemimpin di level pertama ini dapat dikenali dari cara orang-orang di sekitarnya (baca: bawahan) mengikutinya karena harus atau tidak punya pilihan lain. Artinya mereka terpaksa mengikuti sang pemimpin karena sebuah keharusan. Dengan kata lain, karena jabatan orang tersebut. Level ini sangat tepat untuk mengasah kemampuan kepemimpinan, namun tidak disarankan untuk tetap berada di level ini dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan rendahnya komitmen, daya juang, dan energi karyawan.

2. Permission
Kata kunci: Relationship

Pada tingkatan ini orang mengikuti si pemimpin karena mereka ingin dan menikmati. Seorang pemimpin di level ini mampu melakukan hal- hal berikut:
a. Menjadi pendengar yang baik
b. Melakukan observasi dengan baik
c. Dapat melayani dengan baik. Mereka berjalan sejajar dengan timnya dan saling membantu.

3. Production
Kata kunci: Result (hasil)

Di tingkat ketiga ini, orang mengikuti pemimpin karena apa yang telah dilakukan sang pemimpin bagi organisasi. Mereka percaya jika mereka bergabung dengan tim sang leader, maka mereka akan akan ‘merasakan kemenangan’. Di sini dapat dikatakan Ia membangun kredibilitas karena prestasi. Pada titik ini kesuksesannya sebagai pemimpin sudah dapat dirasakan sebagian orang, karena mereka menyukai sang pemimpin dan apa yang telah ia lakukan.

Seorang di level ini dapat melakukan hal-hal berikut dengan baik:
a. Menjadi contoh. Orang meniru apa yang pemimpinnya lakukan.
b. Memiliki kekuatan momentum. Momentum ini yang dibangun dengan prestasi.
c. Menarik orang terbaik. Ia merupakan magnet, dimana orang-orang yang memiliki energi positif, jujur, dan pekerja keraslah yang akan ‘mendekat’.

4. People Development
Kata kunci: Reproduction

Pada level ini, orang akan mengikuti pemimpin karena apa yang telah dilakukannya untuk mereka. Ia membuat mereka menjadi lebih baik dan lebih. Pemimpin di level keempat ini dapat melakukan hal-hal berikut dengan baik:
a. Merekrut orang terbaik
b. Menempatkan orang di posisi yang tepat
c. Mengembangkan kemampuan tim dengan baik

5. Pinnacle
Kata kunci: Respect

Di level teratas dalam tingkat kepemimpinan orang akan mengikuti pemimpin karena siapa dia dan bagaimana representasinya. Dari kelima level kepemimpinan, jumlah pencapai level ini termasuk yang sangat langka. Mereka yang mencapai titik ini biasanya telah memimpin berpuluh-puluh tahun lamanya dalam mengembangkan organisasi maupun orang di sekitarnya. (CEO Stars – WS)