Leadership Insight: More Skill is More Money

06:08 on March 30, 2017 by Westi Surya in Young CEO

Mengacu pada Barometer Inovasi Global General Electric yang mengumpulkan 2,800 eksekutif senior, 92 persen responden setuju bahwa inovasi adalah pengungkit utama untuk menciptakan ekonomi yang lebih kompetitif. Inovasi itu juga tidak lepas dari pengetahuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia (SDM) di sebuah perusahaan.

Berwirausaha selagi bisa

Agus Hadi Prayitno, CEO D’gejrot Kemek, juga setuju akan pentingnya kualitas SDM. Ia membuat program pelatihan anak muda yang ia namai Pelatih Muda untuk mahasiswa. Menurutnya, penajaman skill perlu dilakukan sedini mungkin. Bahkan ia berharap, makin banyak anak muda yang mau terjun ke dunia usaha. “Berwirausaha mumpung masih mahasiswa.” Sarannya.

4 orang berebut 1 lowongan kerja

Sengitnya persaingan makin terasa. Menurut Agus, saat ini sebuah lowongan pekerjaan diperebutkan oleh 3-4 orang. Artinya agar bisa mendapatkan pekerjaan tersebut, keahlian seseorang harus melebihi 2 atau 3 pesaingnya. Untuk itulah yang ia targetkan dari pelatihannya adalah kesadaran pada diri mahasiswa agar punya daya saing. Wirausaha, kata Agus, adalah alternatif karir selain bekerja pada instansi orang lain. Itu bisa direncanakan sejak duduk di bangku kuliah.

Pentingnya pelatihan skill

Persaingan yang makin sengit dan dinamika hidup yang tinggi menjadikan setiap orang harus senantiasa ekstra peduli. Jika tidak, bukan tidak mungkin ia tertinggal jauh di belakang. Itulah mengapa dibutuhkan pelatihan agar performa kita terus meningkat. Ibarat mesin yang harus terus dipanasi dan diservis, keahlian juga butuh perlakuan serupa. Di situlah fungsi sebuah pelatihan SDM.

Punyai visi agar menang bersaing

Ditanya apa yang paling penting dari seorang young leader, dalam hal ini mahasiswa, agar bisa punya masa depan cemerlang, Agus menjawab, “Visi mutlak dimiliki oleh seorang pemuda jika ingin masa depannya cemerlang. Dengan ia mengetahui apa yang ingin dicapai atau diwujudkan, maka ia akan menyusun prioritas dari setiap aktivitas yang dilakukan.” (CEO Stars-RD)