Lakukan 6 Cara Klasik Ini Untuk Meningkatkan Percaya Dirir

09:14 on November 11, 2016 by Titie Surya in CEO insight

Rasa percaya diri merupakan sikap individu terhadap keyakinan diri akan kemampuan sendiri untuk bertingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Menurut Sigmund Freud, psikolog, rasa percaya diri adalah suatu tingkatan sugesti tertentu yang berkembang dalam diri seseorang sehingga merasa yakin dalam berbuat sesuatu. Orang yang percaya diri lebih mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan orang-orang baru.

Masalah akan timbul apabila rasa percaya diri menjadi penghalang bagi seseorang untuk meraih kesuksesan karena tidak semua individu memilki rasa percaya diri yang tinggi. Berdasarkan hasil survei pada mahasiswa Program studi Psikologi angkatan 2009 Universitas Mulawarman Samarinda yang diterbitkan oleh eJournal Psikologi, Volume 2, Nomor 1, 2014 ditemukan bahwa, faktor lain yang menyebabkan mahasiswa mengalami kecemasan ketika berbicara di depan umum adalah kurangnya rasa percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut Stars people bisa melakukan cara berikut:

1. Temukan potensi diri

Setiap orang terlahir dengan potensi yang berbeda. Sebaiknya Stars people coba menggali potensi terbaik dalam diri untuk terus diasah. Awali hari dengan melakukan suatu kegiatan yang menjadi potensi terbaik dalam diri Stars people. Jika suka memasak, tidak ada salahnya memulai hari dengan menyiapkan sarapan favorit. Atau membaca sebuah buku, jika suka membaca. Lakukan dengan senang hati aktivitas terkait potensi diri untuk menjadi mood booster di awal hari.

2. Lakukan self talk saat bercermin

Bangun lebih awal memungkinkan Stars people memiliki lebih banyak waktu untuk berbicara dengan diri sendiri. Sapalah bayangan  diri Stars people di dalam cermin. Bicaralah dari hati terdalam. Tersenyum dan syukurilah apa yang ada dalam diri Stars people. Berbicara dengan diri sendiri akan membentuk mindset positif yang terbangun dari hari ke hari.

3. Kenakan pakaian yang sesuai

Merupakan fakta yang tak bisa dipungkiri bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. First impression dalam 5 menit pertama terhadap diri Stars people adalah dari penampilan, bukan dari bobot pembicaraan. Sangat disarankan agar Stars people pandai mengenakan pakaian sesuai dengan momen yang dihadiri agar tidak terjadi tragedi salah kostum yang justru akan menurunkan rasa percaya diri.

4. Tersenyum dan terlibat aktif

Cara cepat meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan tersenyum. Pada saat Stars people tersenyum, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak hormon endorpin yang akan membuat sirkulasi darah di area wajah lebih lancar dan membuat diri lebih nyaman. Setelah merasa nyaman, segeralah terlibat aktif dalam pembicaraan yang sedang terjadi di forum yang Stars people hadiri. Dengan terlibat aktif tanpa disadari Stars people telah menunjukan self confidence yang baik.

5. Rapalkan mantra-mantra ajaib

Pada saat Stars people merasa grogi pada suasana tertentu, ucapkanlah berulang-ulang ‘mantra-mantra ajaib’ yang hanya berlaku untuk diri sendiri. Mantra-mantra itu berupa kalimat motivasi yang akan menaikan self confidence level menjadi lebih tinggi. Misalnya: “Minggu lalu saya bisa menghadapi situasi yang lebih pelik dari ini. Aaah saya pasti bisa menghadapi masalah yang sekarang.”

6. Perkaya diri dengan pengetahuan

Tidak bisa dipungkiri bahwa ilmu pengetahuan akan membuat Stars people semakin percaya diri. Rendahnya pengetahuan akan membuat pembicaraan dengan siapapun menjadi terhambat. Stars people tidak akan bisa mengikuti arus pembicaraan dan tidak bisa berperan aktif jika tidak menguasai topik bahasan yang sedang dibicarakan. Jadi ada baiknya Stars people mencari tahu lebih dulu materi yang akan dibicarakan dalam forum yang akan dihadiri agar bisa tampil lebih percaya diri.

Rasa percaya diri bisa hadir pada saat Stars people mampu menghargai diri sendiriHargailah diri Stars people dengan mengeliminir segala kekurangan dan melejitkan segala kelebihan lebih tinggi lagi. Just be your self, be confidence, Stars people. (CEO Stars-TS)