Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini Agar Karir Meroket Cepat

11:32 on March 2, 2016 by Editor in Capture

Jenjang karir yang terus meningkat menjadi impian setiap profesional. Tetapi pernahkah Stars people merasa stagnan dalam karir, meski telah bekerja dalam waktu yang relatif lama? Jika jawabannya ya, maka Stars people bisa melakukan langkah-langkah berikut :

1. Lakukan hal-hal menyenangkan dalam bekerja

Hal paling menyenangkan ada pada saat melakukan apa yang disuka. Jadi mengapa tidak mengubah cara pandang terhadap pekerjaan dengan membuang jauh-jauh anggapan bekerja adalah beban. Menciptakan suasana kerja yang kooperatif dan kondusif membantu menciptakan rasa senang saat bekerja. Penelitian yang dilakukan Profesor Andrew Oswald, Dr. Eugenio Proto dan Dr. Daniel Sgroi dari fakultas ekonomi Universitas Warwick menemukan bahwa rasa senang dan bahagia mampu meningkatkan produktifitas hingga 12%, dan sebaliknya perasaan tidak bahagia menyebabkan penurunan produktivitas hingga 10%. Profesor Oswald mengatakan bahwa perusahaan seperti Google telah menginvestasikan lebih untuk memberi dukungan pada karyawannya, dan hasilnya produktivitas mereka meningkat hingga 37%.

2. Manfaatkan waktu secara efektif

Waktu seperti ujung mata tombak, harus diarahkan agar tepat sasaran hingga memberikan hasil maksimal. Manajemen waktu yang baik terbukti mampu mengantarkan seseorang sukses dalam banyak hal, termasuk dalam karir. Menurut Adina Glickman dari Stanford University, menyisihkan waktu 30 menit untuk membuat daftar rencana harian akan sangat efektif untuk mewujudkan setiap langkah yang direncanakan, karena kita akan tahu dan mampu membagi waktu untuk tiap rencana yang terdapat dalam daftar.

3. Komitmen untuk belajar

Prestasi akademik yang tinggi bukan jaminan untuk sukses meniti karir, melainkan kerja keras, kemauan untuk belajar dan upgrade kemampuan diri. Belajar tak hanya sebatas di lingkup formal, tetapi lingkungan sekitar juga mampu memberi inspirasi untuk selalu belajar. Thomas J Neff dan James M Citrin dalam buku mereka berjudul “Lesson From The Top” merangkum bahwa rahasia sukses 50 top CEO di dunia adalah kualitas diri dan soft skills, semua bisa didapat dengan komitmen untuk terus belajar sepanjang hayat. 

4. Update CV secara berkala

Memperbarui CV dan portfolio secara berkala tidak hanya bermanfaat bagi seseorang pada saat melamar kerja, melainkan juga bagi perusahaan yang ingin mengetahui value dan kontribusi terhadap perusahaan tempat Stars people bekerja. Rangkaian keberhasilan yang tertulis di CV bisa mengukur apa saja yang telah kita kerjakan dan prestasi-prestasi yang telah dicapai. Kontribusi positif tersebut akan mempermudah perusahaan atau kepala divisi mempromosikan karir ke tingkat yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, memperbarui CV juga dapat mengingatkan hak sebagai seorang profesional untuk senantiasa mengembangkan diri. Hak itu berupa pelatihan, kursus, ataupun seminar.

5. Tetapkan target dan buat daftar pencapaian

Untuk mencapai puncak karir, harus disertai juga dengan peningkatan kualitas pribadi dan kemampuan untuk mengembangkan diri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat daftar pencapaian yang mengarah pada target. Lalu apa pentingnya menulis daftar pencapaian dan target? Dalam riset yang dilakukan Dr. Gail Matthews, seorang profesor psikologi dari Sekolah Seni, Humaniora dan Ilmu Sosial di Dominica menemukan bahwa pencapaian target dipengaruhi oleh menulis tujuan, melakukan tindakan yang diarahkan pada tujuan, dan akuntabilitas atas tindakan mereka. Dalam penelitian tersebut, sebanyak 70% dari peserta yang mengirim update mingguan ke temannya dilaporkan sukses mencapai target, dibanding mereka, 30% lainnya, yang hanya menyimpan target untuk dirinya sendiri. Amazing bukan? Jadi tunggu apa lagi, yuk tulis target pencapaian pribadi dan peningkatan karir yang Stars people harapkan dan bagikan ke sahabat terdekat. Good luck! (CEO Stars-AP)