Kreativitas Kunci Inovasi Seorang Pemimpin

08:11 on October 25, 2016 by Editor in CEO insight
Kreativitas Kunci Inovasi Seorang Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin berkualitas tidak bisa dilepaskan dari proses kreativitas dalam menghasilkan sebuah inovasi. Sebagai seorang leader, Stars people memiliki tugas untuk mengelola setiap potensi yang ada dalam diri dan anggota tim agar bisa diberdayakan untuk menghasilkan inovasi baru dalam perjalanan kepemimpinannya yang akan berguna bagi perusahaan, bisnis, organisasi, dan banyak orang lainnya. Sebut saja Larry Page pendiri Google dan Steve Jobs pendiri Apple. Mereka pemimpin kreatif yang terus melakukan inovasi tiada henti hingga bisnisnya terus berkembang dan memberi manfaat bagi penduduk di muka bumi.

Menurut Dina Krasikova, asisten profesor manajemen di University of Texas di San Antonio (UTSA), “Kreativitas dihargai di banyak organisasi. Dalam setiap jenis organisasi, seorang pemimpin yang kreatif adalah mereka yang menyumbangkan ide-ide. Ketika para pemimpin merasa yakin bahwa mereka dapat menghasilkan kreativitas atau ide, maka hal itu akan tertular kepada bawahannya bahkan menjadi lebih kreatif.”  Seorang pemimpin sebaiknya mengasah kreativitas agar dapat terus menghasilkan inovasi-inovasi baru. Langkah-langkah berikut dapat Stars people lakukan untuk terus mengasah kreativitas agar menghasilkan inovasi-inovasi baru.

Lakukan observasi

Mengamati keragaman anggota tim, mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan tim, mengamati lini produk sejenis di pasaran, dan update atas berita terkini adalah bagian dari observasi yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin. Dengan melakukan pengamatan Stars people dapat mulai memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk melakukan pengembangan usaha yang sedang berjalan.

Gali ide dengan brainstorming 

Seorang pemimpin harus bisa percaya terhadap anggota timnya. Hanya dengan saling memercayai Stars people dapat menggali ide dari. Jangan takut untuk berdebat dengan mereka agar dapat melihat segala sesuatu dari perspektif yang berbeda dalam rangka melakukan brainstorming. Dalam proses brainstorming perlu melakukan tukar pikiran agar dapat menghasilkan sebuah inovasi yang out of the box dan anti mainstream.

Memperbarui dan memodifikasi

Kreativitas juga bisa dilakukan oleh seorang pemimpin dengan cara memperbarui suatu produk lama dengan memodifikasinya menjadi sesuatu yang baru. Sebuah produk baru yang telah mengalami modifikasi akan lebih menarik minat pasar untuk memilikinya. Contoh: sebuah smartphone keluaran terbaru bisa jadi tidak baru sama sekali. Produsen hanya menambahkan fitur-fitur baru di dalam perangkatnya. Dengan penambahan fitur baru telah menjadikan smartphone tersebut sebagai produk kekinian hasil inovasi dari sebuah kreativitas.

Percaya diri, jangan takut gagal

Jika sebagai pemimpin takut gagal dalam melakukan suatu inovasi, menandakan ia tidak punya cukup rasa percaya diri. Kreativitas tidak akan pernah berjalan jika Stars people tidak percaya diri dan dihantui ketakutan akan sebuah kegagalan. Bisa jadi kegagalan adalah proses untuk mencapai suatu keberhasilan yang besar. Steve Jobs, Thomas Alva Edison dan J.K Rowling adalah para tokoh sukses yang berkali-kali mengalami kegagalan sebelum sampai pada sebuah keberhasilan yang mendunia.

Sebuah inovasi bagaimanapun perwujudan dari proses kreativitas yang memiliki nilai tertentu. Kreativitas berkembang dalam kondisi hubungan interpersonal yang baik antara pemimpin dan orang-orang yang dipimpinnya. Stars people teruslah berinovasi dengan segala kreativitas agar dapat bersaing di pasar global pada era digital ini. (CEO Stars-TS)