Konsumsi Kafein Aman, Asal…

01:50 on October 8, 2015 by Editor in Capture, Coffee Break

Stars people suka minum kopi? Agak was-was karena kopi konon tidak baik untuk tubuh karena kandungan kafeinnya? Sebenarnya bukan hanya kopi yang mempunyai kandungan kafein Stars people, teh dan sofdrink, bahkan minuman berenergi juga.

Sejumlah sumber informasi kesehatan menyebutkan bahwa kafein merangsang sistem saraf pusat dengan cara menaikkan tingkat kewaspadaan, sehingga pikiran lebih jelas dan terfokus serta koordinasi badan menjadi lebih baik. Selain itu kafein juga dapat merangsang fungsi kerja hormon epinefrin yang berperan melancarkan peredaran darah, mengatur metabolisme glukosa terutama pada saat stres, memicu reaksi terhadap tekanan, serta merangsang otak agar lebih sensitif.

Meski bermanfaat, konsumsi kafein berlebih juga tidak baik bagi kesehatan. Pemakaian lebih dari dosis yang dianjurkan dapat menyebabkan insomnia kronik, gelisah, dan ulkus. Efek lainnya dapat meningkatkan denyut jantung dan berisiko terhadap penumpukan kolesterol. Health Canada memberikan batas maksimal untuk konsumsi kafein dalam sehari. Bagi wanita yang berencana hamil dan menyusui hanya dianjurkan mengonsumsi 300 mg/hari. Sementara orang dewasa disarankan mengonsumsi kafein tidak lebih dari 400 mg/hari.

Bagaimana takaran yang tepat? Health Canada menyarankan pada konsumen untuk megonsumsi kafein per harinya pada rentang takar berikut :

● Satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100-150 miligram kafein.
● Satu demitasse (cangkir mini untuk espresso) single-espresso rata-rata mengandung 80-120 miligram kafein.
● Satu cangkir teh rata-rata mengandung 40 miligram.
● Satu botol minuman kola berukuran 340ml mengandung 40-60 miligram kafein atau kira-kira separuh kandungan kafein dalam secangkir kopi/espresso
.

Jadi, tak perlu ragu lagi tentang manfaat kafein. Sepanjang tidak melebihi dosis yang disarankan, sah-sah saja kok mengonsumsi kopi dan minuman berkafein lain. (CEO Stars-WS)