Ketajaman Analisa Dalam Pengambilan Keputusan

09:58 on October 26, 2016 by Editor in CEO insight
Ketajaman Analisa Dalam Mengambil Keputusan

Salah satu tantangan terberat bagi seorang pemimpin adalah mengambil keputusan saat menghadapi masalah yang datang bertubi-tubi. Dibutuhkan ketajaman analisa dalam melihat sebuah masalah sebelum mengambil keputusan yang tepat. Ketajaman analisa merupakan skill yang harus dimiliki oleh seorang leader karena efektivitas kepemimpinan Stars people tidak lagi terletak pada kemampuan untuk melaksanakan kegiatan yang bersifat teknis operasional, melainkan pada kemampuan untuk menganalisa sebuah masalah.  Agar dapat memecahkan masalah dengan tepat, dibutuhkan kemampuan berpikir yang baik secara integral, strategis, dan berorientasi pada problem solving. Ketiga cara berpikir tersebut memerlukan kemampuan analisa yang tinggi.

Integral

Berpikir integral melibatkan kemampuan seorang pemimpin untuk melihat setiap divisi di dalam perusahaan atau organisasinya sebagai satu kesatuan yang utuh menyeluruh. Dalam memecahkan sebuah masalah perlu memerhatikan data dan fakta, pisahkan fakta dari berbagai interpretasi, melihat dari berbagai sudut pandang, dan menyerap aspirasi sebanyak mungkin yang melibatkan seluruh komponen dalam sebuah organisasi. Ada baiknya Stars people melihat dari ‘ketinggian’ agar dapat meneropong seluruh bagian dalam organisasi secara menyeluruh.

Strategis

Sebagai seorang pimpinan, Stars people harus bisa menganalisa mana aktivitas yang akan membawa keuntungan bagi organisasi yang dapat diselenggarakan secara mandiri oleh suatu divisi, baik secara sifat dan dampaknya, dan mana yang bisa didelegasikan dan dikerjakan bersama divisi lain dengan segala data, fakta, dan alasan yang mendukung. Sebuah keputusan yang salah akan berdampak pada keraguan anggota tim terhadap kepemimpinan Stars people. Berpikir strategis menuntut Stars people untuk bersikap layaknya seorang panglima perang yang memimpin pasukan untuk menghadapi musuh. Strategi perang yang tepat akan membuat pasukan mengalami kemenangan gilang gemilang dengan kerugian seminimal mungkin.

Problem Solving

Dalam menghadapi sebuah masalah harus berorientasi pada problem solving yang membutuhkan daya analisa tinggi. Stars people perlu mengenali struktur masalah itu sendiri. Menurut Neimark, seorang ahli dalam pola pikir, saat menghadapi masalah lebih baik terlebih dulu kita meneliti dan menangkap struktur masalahnya daripada isi masalah. Struktur ini dapat dikenali dengan cara mengenali tingkatan masalah tersebut, apakah  termasuk masalah utama atau efek ikutan.

Stars people bisa memulai dengan mengidentifikasikan masalah utama dan pisahkan dari masalah ikutannya, mengumpulkan dan mengkaji informasi, menganalisa berbagai alternatif pemecahan masalah, penentuan pilihan cara problem solving, hingga pada pemecahan masalah itu sendiri secara tuntas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menajamkan analisa atas sebuah masalah memang membutuhkan kemampuan kongnitif dan penalaran di atas rata-rata. Hanya dengan terus berproses dalam long life learning, Stars people akan terlatih untuk memecahkan masalah dengan analisa yang tepat dan akurat. (CEO Stars-TS)