Karakter atau Skill: Apa Yang Menjadikan Seorang Pemimpin Sukses?

01:31 on January 28, 2017 by Westi Surya in Capture

Pertanyaan yang selalu mengikuti manakala sebuah perusahaan mencatat sukses besar, apa yang menjadi rahasia suksesnya. Pertanyaan yang juga mengemuka adalah siapa CEO yang mengomandaninya sehingga berhasil membawa perusahaan tersebut sukses besar.

Bicara rahasia di balik sukses seorang pemimpin, selalu menjadi perhatian banyak orang adalah apa yang menjadikannya sukses. Sebenarnya, mana yang paling dominan atas kesuksesan seseorang, karakternya atau keahlian yang dikuasainya?

Bakat vs Kerja Keras

Albert Einstein sendiri mengatakan, “Genius is 1% talent and 99% hard work.” Itu artinya penentu paling dominan atas keberhasilan seseorang adalah kerja keras. Bakat hanya awal dari langkah. Untuk mencapai tujuan diperlukan kerja keras. Kita semua tidak meragukan bakat besar seorang Einstein. Namun saat dia hanya duduk diam sepanjang hari, mungkinkah ia bisa sefenomenal hingga hari ini?

Pengaruh besar karakter

Dalam buku The Road to Character, David Brooks menggali ide bahwa manusia dibentuk oleh dua bagian, yakni internal dan eksternal. Sisi eksternal selalu membisiki bagaimana bisa menaklukkan dunia sementara sisi internalnya menuntut untuk melayani dunia. Sisi eksternal menginginkan membangun, menciptakan, dan meraih status tinggi dan kejayaan sementara internal berkata bagaimana segala sesuatunya tetap hidup. Kedua sisi inilah yang akan membentuk karakter. Karakter menjadikan seseorang punya alasan untuk bertahan atau tidak, memilih apa yang sepatutnya atau tidak. Namun demikian, soft skill tetap dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Keahlian mendasar pemimpin sukses

Untuk menjadi seorang leader, ada setidaknya sepuluh keahlian mendasar yang wajib dikuasai, di antaranya:

1. Kemampuan berkomunikasi prima
2. Keahlian interpersonal
3. Kemampuan fleksibilitas
4. Ketajaman bisnis
5. Mengelola value
6. Mengelola waktu
7. Membuat keputusan
8. Memecahkan masalah
9. Berpikir kritis
10. Orientasi hasil

Kombinasi karakter dan keahlian menjadi penentu kesuksesan seorang pemimpin. Keahlian adalah motor menuju keberhasilan, sementara karakter menjaga motor agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. (CEO Stars-FH)