Jangan Lakukan Apapun Kalau Takut Gagal

10:51 on October 27, 2016 by Editor in CEO insight
Jangan lakukan Apapun Kalau Takut Gagal

Dalam perjalanan hidup penolakan adalah bagian dari proses untuk mencapai sesuatu. Sebuah karya jika ditolak atau dikritik secara keras bukan berarti sangat jelek atau gagal. Mungkin memerlukan perbaikan di sana sini agar menjadi sebuah master piece yang dicari banyak orang. Penolakan, kegagalan dan kritikan adalah jalan menuju sebuah kesuksesan, karena tanpa semua itu Stars people tidak akan jadi apa-apa seperti yang diucapkan oleh Aristoteles, seorang filsuf Yunani, “Untuk menghindari kritik jangan mengatakan apa-apa, jangan melakukan apa-apa, dan jangan jadi apapun.”

Para pesohor macam J.K Rowling, penulis serial Harry Potter, mengalami 60 kali penolakan oleh penerbit saat ia menyodorkan naskah  yang kemudian menjadi fenomenal tersebut. Stephenie Meyer penulis serial Twilight ditolak oleh 14 penerbit, Bob Sadino sebelum menjadi pengusaha suksespun pernah mengalami masa suram sebagai tukang batu yang digaji 100 perak pada masanya, bahkan Kolonel Sanders mendapat 1009 kali penolakan atas resep rahasia ayam goreng sebelum jadi pengusaha sukses yang saat ini gerainya bertebaran di seluruh mancanegara.

Yang bisa Stars people lakukan saat menghadapi penolakan bertubi-tubi adalah meminimalisir dampak dari semua penolakan itu. Jadikan sebagai sebuah latihan ketahanan mental. Jangan biarkan pendapat orang lain menggagalkan semua impian Stars people. Lakukan hal-hal berikut sebagai upaya mengubah kegagalan menjadi sebuah kesuksesan.

Percaya dengan kata hati

Pada saat terpuruk secara emosional, lakukanlah self talk. Bicara dengan diri sendiri. Hilangkan semua pikiran negatif, bongkar mindset tentang kegagalan, dan percayalah pada kemampuan diri Stars people. Berkomunikasi dengan diri sendiri akan menjadi sebuah meditasi alami untuk menyusun kekuatan dan strategi dalam menghadapi berbagai kegagalan

Jangan merasa sendiri

Ketika menghadapi berbagai kegagalan dan penolakan ingatlah bahwa Stars people tidak sendiri. Banyak orang lain di sekitar Stars people dan di dunia ini yang pernah mengalami penolakan dan kegagalan. Semua itu adalah proses untuk menjadi sesuatu.

Berani mengakui kemampuan 

Kunci dari kekuatan untuk menghadapi kegagalan adalah berani mengakui kemampuan diri. Tunjukan pada orang lain bahwa Stars people berani memperjuangkan impian dengan segala risikonya. Gagal bukan sebuah akhir kehidupan. Hargai dan hormati keberanian mental diri sendiri. Hanya dengan tetap percaya dan berani mengakui kemampuan diri, Stars people akan terus tegak menantang badai, lalu menggunakan segala skill untuk berselancar di atas ombak yang gulung gemulung.

Jangan membenci 

Kita tidak pernah tahu siapa mitra di depan yang akan menjadi pendukung loyal setiap gagasan yang lahir dari segala pemikiran Stars people. Jangan pernah membenci mereka yang pernah menolak ide dan gagasan Stars people. Bisa jadi mereka yang hari ini menolak akan berbalik menjadi pendukung dan mitra dalam mengembangkan setiap ide untuk mencapai impian.

Dapatkan dukungan

Dukungan pada saat Stars people terjatuh bisa datang dari lingkungan keluarga atau teman-teman dekat. Pastikan Stars people mendapatkan dukungan mereka. Dukungan serupa jaring pengaman yang akan menangkap Stars people saat terjatuh ketika berjalan di ketinggian. Hargai dan perlakukan mereka sebagai harta yang tak ternilai. Ketulusan mereka mendukung Stars people di saat sulit tak pernah bisa dihargai dengan nilai mata uang.

Setiap manusia belajar banyak hal dari kehidupan. Kegagalan dan penolakan adalah guru terbaik dalam perjalanan menuju kesuksesan. Mereka yang tidak pernah mengalami kegagalan tidak akan pernah bisa menghargai kesuksesan. Sejarah telah membuktikan bahwa Walt Disney, Bill Gates, Steve Jobs, Abraham Clinton, Soekarno, Steven Spielberg, B.J Habibie, dan masih banyak tokoh lain yang berhasil sampai ke puncak kesuksesan setelah berkali-kali mengalami kegagalan dan penolakan. Stars people ingin sukses? Jangan takut gagal. Do something now or never. (CEO Stars-TS)