Hanya 8% Orang Yang Mampu Wujudkan Resolusi Tahun Barunya

01:47 on January 1, 2018 by Editor in Capture

Gegap gempita perayaan tahun baru di hampir seluruh penjuru negeri. Tahun juga telah berganti. Selesai di situ saja? Bagaimana dengan daftar resolusi yang dibuat? Apa kabar target tahun lalu yang juga menjadi daftar resolusi sebelumnya? Bagaimana melalui tahun ini agar lebih sukses dibanding tahun sebelumnya? Pertanyaan-pertanyaan ini layak menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan segera dengan jawaban yang tepat lagi memuaskan.

Hanya 8% Yang Mencapai Goal

Penulis buku “Carrots and Sticks Don’t Work yang sekaligus psikolog spesialisasi modifikasi prilaku, Dr Paul Marciano, menyebutkan dalam penelitiannya bahwa hanya 8% orang yang mampu mewujudkan resolusi tahun barunya. Seperti dimuat di Forbes, ada tujuh langkah yang ia sarankan kepada para leader untuk bisa mewujudkan targetnya.

1. Buat Tujuan Yang Spesifik

Berapa banyak orang gagal di sepanjang hidupnya dan berapa banyak pula orang menulis sekian deret daftar pencapaian namun tak ada satupun yang tercapai? Hal ini tak lepas dari tujuan yang tidak jelas. Dr. Marciano penggemar teori klasik dari goal spesifik, SMART (Specific, Measurable, Achievable Relevant, and Time-bound)

2. Ada Tolak Ukur Yang Jelas

Pernah mendengar istilah “Kamu hanya bisa meraih sesuatu yang bisa kamu ukur”? Artinya, bagaimana mungkin Anda mendapatkan yang diinginkan sementara keinginan itu sesuatu yang abstrak alias tidak terukur.

3. Bersabar Menjalani Proses

Tak ada pencapaian yang diraih dengan instant. Semua butuh proses. Jika Stars people sudah menulis rangkaian tujuan dan berbagai tindakan untuk mewujudkannya, maka hal berikutnya yang dilakukan adalah bersabar. Hal berharga diraih melalui proses.

4. Bagikan Daftar Tujuan Pada Sahabat & Keluarga

Malu jika daftar cita-cita dibagikan pada orang lain merupakan hal biasa. Namun jika hal tersebut Stars people lakukan maka secara tidak langsung akan membantu mengingatkan. Mereka juga akan menjadi teman pengevaluasi untuk daftar yang belum tercapai, dan mengapa itu terjadi.

5. Jadwalkan Langkah Nyata

Jadwal sangat dibutuhkan untuk memastikan sejauh mana progres yang dicapai. Demikian halnya dengan daftar pencapaian. Jika Stars people menginginkan resolusi tercapai maka semua yang dibutuhkan hanyalan eksekusi. Jadwalkan langkah nyata mencapai tujuan tersebut.

6. Sedikit Jauh Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali

Progres itu penting. Pesan sederhana ini harus terus diingat. Banyak orang gagal mencapai tujuannya dikarenakan kurang realistis akan apa yang diimpikan dan mudah menyerah saat hasil tidak berjalan sempurna. Padahal progres itu jauh lebih bermakna. Cintai proses Stars people!

7. Semangat Bangkit Yang Harus Selalu Ada

Kata bijak legendaris menyebutkan, “Bukan tentang seberapa kali Engkau terjatuh, tetapi seberapa banyak Engkau bangkit!” Jika Stars people sudah menulislan daftar resolusi, maka kewajiban Anda selanjutnya adalah berkomitmen. Ini tentu tidak mudah! Namun jika cita-cita sudah kuat di hati maka seharusnya Anda siap dengan segala risiko, termasuk pantang menyerah saat gagal. (CEO Stars-FH)