Faktor-faktor Penting Dalam Mengambil Keputusan Bagi Leader

07:53 on October 6, 2016 by Editor in CEO insight
7 Faktor Penting Dalam Mengambil Keputusan

Sebagai seorang leader tidak mudah untuk memutuskan mengambil sebuah keputusan yang tepat, benar, dan memenuhi aspirasi banyak orang dalam sebuah perusahaan. Mengambil sebuah keputusan selalu dihadapkan pada beberapa pilihan yang masing-masing mengandung risiko. Tidak menutup kemungkinan jika keputusan yang diambil ternyata salah dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam mengambil keputusan perlu memerhatikan beberapa beberapa faktor. Baik faktor dari dalam diri maupun faktor dari luar seperti: tekanan dari berbagai pihak, deadline, kesehatan, latar budaya, dan lain-lain. Sebagai seorang leader sebaiknya Stars people memerhatikan beberapa faktor berikut saat akan mengambil keputusan:

Pahami permasalahannya

Stars people tidak mungkin memutuskan suatu keputusan tanpa memahami permasalahan yang ada. Jika diperlukan lakukan penyelidikan terhadap masalah yang akan ditangani. Timbang sisi positif dan negatifnya. Dengan memahami sebuah permasalahan secara detil Stars people akan lebih mudah dalam mengambil sebuah keputusan.

Kontrol emosi

Emosi merupakan sebuah reaksi yang kompleks terhadap suatu kejadian atau seseorang yang menjadikan Stars people memiliki pengalaman afektif. Emosi akan memengaruhi perubahan perilaku baik positif disebabkan karena rasa senang, bahagia, dihargai, dan sebagainya, maupun perubahan perilaku negatif disebabkan karena rasa kecewa, sedih, terluka, dan lain-lain. Pada saat Stars people akan mengambil sebuah keputusan sebaiknya perhatikan kondisi emosi saat itu. Jangan pernah mengambil keputusan pada saat kadar emosi cenderung negatif.

Libatkan “pemegang kunci”

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan ada beberapa orang “pemegang kunci” yang lazimnya memiliki pengaruh besar. Sebaiknya libatkan mereka pada saat Stars people akan mengambil keputusan. Mintalah pendapat dan komitmen mereka untuk mendukung keputusan yang akan diambil demi kepentingan bersama. Dengan demikian keputusan Stars people akan memiliki kekuatan yang lebih baik dan bisa diterima oleh banyak pihak.

Analisa data pendukung

Cari tahu sebanyak mungkin data-data pendukung yang akan sangat berguna dalam mengambil keputusan. Terimalah sebanyak mungkin masukan. Namun demikian Stars people harus tetap memelajari segala kemungkinan dan boleh tetap bersikap skeptis atas segala masukan dalam rangka lebih menajamkan analisa. Dengan memasang alarm curiga Stars people tidak akan menerima mentah-mentah setiap data yang diperoleh. Analisa kritis terhadap semua fakta dan data akan membuat Stars people lebih berhati-hati dan menghindarkan diri dari kemungkinan membuat keputusan yang salah. Sebaiknya ambil keputusan dengan bijaksana dengan risiko sekecil mungkin.

Buat alternatif keputusan

Ada kalanya sebuah keputusan cocok dengan situasi A dan tidak cocok dengan situasi B. Untuk itu Stars people harus membuat beberapa alternatif keputusan berdasarkan analisa data yang ada agar lebih memudahkan pada saat melakukan eksekusi di lapangan. Jangan terjebak pada situasi yang bisa membawa Stars people pada posisi sulit sebagai pengambil keputusan.

Siap untuk berargumentasi

Stars people jangan pernah ragu dalam mengambil keputusan. Jika sudah menguasai sebuah masalah, memiliki data pendukung yang akurat, dan telah melakukan analisa setajam mungkin, jangan pernah takut untuk melakukan presentasi dan beragumentasi untuk mempertahankan sebuah keputusan yang tepat dan benar. Adakalanya berargumentasi adalah cara orang lain untuk mengetahui jalan pemikiran dan latar belakang Stars people dalam mengambil sebuah keputusan.

Lakukan dengan obyektif

Mungkin Stars people memiliki conflict of interest dengan beberapa orang di dalam perusahaan, namun sebagai pengambil keputusan sebaiknya tetap bersikap seobyektif mungkin dalam memandang sebuah persoalan. Jangan subyektif dalam mengambil sebuah keputusan, karena apa yang Stars people putuskan akan sangat memengaruhi jalannya perusahaan dan kepentingan banyak orang di dalamnya.

Stars people sudah yakin dan mantap dalam mengambil sebuah keputusan? Jangan cemari keputusan yang telah diambil dengan inconsistency sikap, kata, dan perbuatan. (CEO Stars-TS)