Etika Komunikasi Di Dunia Virtual

08:09 on November 14, 2016 by Editor in CEO insight
Etika Komunikasi Virtual Dalam Dinamika Komunitas

Etika komunikasi dalam sebuah komunitas merupakan sikap atau perilaku yang menunjukkan kesediaan seseorang secara sadar untuk menaati ketentuan dan norma yang berlaku di dalam komunitas tersebut. Berbagai cara dapat dilakukan untuk berkomunikasi dalam sebuah komunitas di era kemajuan teknologi saat ini, termasuk di antaranya diskusi online dalam sebuah grup Facebook, Whatsapp atau BBM.

Komunitas yang dibangun secara diskusi online merupakan salah satu sumber inspirasi dan informasi serta tempat yang tepat untuk membangun jaringan dari daftar kontak yang Stars people miliki. Ada etika yang harus diperhatikan pada saat Stars people berkomunikasi melalui media internet dalam sebuah komunitas. Menurut Virginia Shea dalam sebuah artikelnya berjudul Netiquette, ada 10 etika komunikasi yang harus Stars people perhatikan saat berinteraksi, baik sebagai individu maupun anggota sebuah komunitas.

1. Lawan bicara adalah manusia

Harus kita ingat bahwa lawan bicara di dunia virtual juga adalah manusia. Untuk itu pandailah menempatkan diri, berempatilah, dan jagalah perasaan mereka agar tidak tersinggung dan sakit hati.

2. Gunakan standar perilaku yang sama

Komunikasi di dunia nyata pada prinsipnya sama dengan di dunia maya. Gunakanlah standar perilaku yang sama. Hargai pendapat orang lain, jangan suka menyela diskusi dengan hal-hal di luar topik pembicaraan, dan tetaplah mengisi dengan canda yang pantas untuk mencairkan suasana.

3. Kenali komunitasmu

Ada baiknya Stars people mengenali karakter dan anggota komunitas online yang diikuti. Tidak ada salahnya saling mengenal secara pribadi setelah berbincang dalam forum. Dengan cara itu Stars people bisa menjalin kedekatan dengan sesama anggota.

4. Hormati sesama anggota

Sebaiknya Stars people posting pesan yang sesuai dengan grup diskusi yang diikuti. Hindari mengajukan pertanyaan bodoh kecuali suasana diskusi memang santai. Jangan posting sesuatu yang berulang, ada baiknya Stars people tidak malas membaca informasi sebelumnya agar tidak terjadi tumpang tindih postingan yang sama. Hindari perdebatan yang tidak perlu yang akan berujung pada permusuhan, sebaiknya tinggalkan saja grup yang diikuti jika sudah tidak merasa nyaman.

5. Kepribadian diwakili lewat pesan

Kepribadian Stars people dalam sebuah komunitas online jika belum pernah bertemu, diwakili oleh setiap postingan yang ditulis. Sebelum posting sesuatu ada baiknya cek lagi susunan bahasa, ejaan, dan rasa bahasa, agar pesan dapat ditangkap dengan baik, dipahami, dan masuk akal.

6. Berbagi ilmu dan pengalaman

Jadilah anggota komunitas yang tidak pelit untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Bersikap pro aktif dengan menjawab dan menjelaskan sebuah pertanyaan berdasarkan pengalaman dan ilmu Stars people akan menjadi amal yang sangat berharga.

7. Pandai meredam emosi

Dalam dinamika komunitas, selalu akan ada perbedaan pendapat yang kadang memanas. Jadilah peredam emosi saat hal tersebut terjadi. Turunkan ego dan tetaplah berupaya menjadi penengah agar dinamika komunitas virtual tetap terjaga ketenangannya. Jika terjadi sesuatu yang tidak pantas, sebaiknya hubungi secara pribadi anggota yang memang harusnya mendapat teguran.

8. Hargai privasi orang lain

Sikap selalu ingin tahu atau kepo terhadap anggota komunitas jika berlebihan justru akan membawa dampak yang kurang baik. Hargailah privasi mereka. Bertanyalah seperlunya. Jangan mengorek dan menyebarkan informasi yang tidak perlu dan menjadikannya gosip hangat.

9. Jangan menonjolkan diri

Komunikasi di sebuah komunitas online biasanya selalu riuh dengan postingan berjumlah ratusan. Jangan mencoba menarik perhatian dengan terlalu menonjolkan diri. Tampilkan diri Stars people sepantasnya saja sesuai dengan dinamika komunikasi dalam komunitas tersebut.

10. Jadilah pemaaf jangan mendendam

Jika orang lain melakukan kesalahan dalam komunitas dunia maya, maafkan saja. Jangan memperpanjang masalah. Tidak perlu melakukan hal-hal yang melanggar etika komunikasi hingga menimbulkan keretakan dalam hubungan di dunia nyata. Bagaimanapun cara Stars people berkomunikasi secara virtual, bisa menjadi cermin kebiasaan komunikasi di dunia nyata.

Kita tidak pernah bisa mengontrol dinamika komunitas, tapi kita bisa mengontrol reaksi kita atas suasana komunikasi yang terjadi di dalamnya. Tetaplah beretika dalam komunikasi sebagai bagian dari penerapan kebiasan baik sehari-hari, Stars people. (CEO Stars-TS)