Efek Ucapan Terima Kasih Terhadap Kesuksesan

10:47 on November 4, 2016 by Editor in CEO insight
Efek UCapan Terima Kasih Terhadap Kesuksesan

Ucapan terima kasih sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.  Kata terima kasih mudah diucapkan, tapi seringkali kehilangan makna dan hanya menjadi sebatas perilaku untuk memenuhi SOP dan formalitas belaka. Padahal jika diucapkan dengan penuh ketulusan dan ikhlas akan memberi dampak yang luar biasa.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Robert A. Emmons, pakar psikologi dari University of California yang dikenal sebagai ‘Pakar terima kasih’ sekaligus penulis buku Thanks!: How the New Science of Gratitude Can Make You Happier, banyak manfaat mengungkapkan rasa terima kasih, bukan hanya secara emosional, tapi juga mental dan pikiran. Selain itu ucapan terima kasih juga dapat mengikat orang dalam hubungan timbal balik yang saling menyenangkan.

Ekspresi saat mengucapkan terima kasih menghadirkan kepuasan dalam sebuah hubungan sosial. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Nathaniel Lambert dari Florida State University, Tallahassee, dan dipublikasikan oleh Psychological Science menyatakan bahwa, “Ketika Anda mengekspresikan ucapan terimakasih, Anda terfokus pada hal baik yang telah dilakukan untuk Anda. Hal ini membuat Anda berpikir positif dan membantu Anda untuk fokus pada jalan yang benar.”

Orang yang sering mengungkapkan rasa syukur dengan mengucapkan terima kasih secara tulus menurut Robert A. Emmons akan berdampak terhadap:

Kebahagiaan

Orang yang sering mengucapkan terima kasih secara tulus akan terpancar dari otot wajahnya yang menjadi lebih rileks. Mengucapkan terima kasih dengan tulus membuat seseorang 25% cenderung lebih bahagia dan bersemangat dari orang biasa, karena otak akan menghasilkan hormon serotonin lebih banyak pada saat bahagia.

Kontrol emosi

Mereka yang sering mengucapkan terima kasih dengan tulus juga 20% cenderung tidak mudah sakit hati, iri ataupun merasa kecewa. Kebiasaan berterima kasih akan mengontrol emosi menjadi lebih baik dan otak memroduksi lebih banyak hormon endorfin untuk mencegah rasa sakit hati, iri dan kecewa yang berlebihan.

Tidur berkualitas

Kebiasaan mengucapkan terima kasih akan membantu mengatasi masalah tidur. Ungkapan terima kasih akan merangsang otak mengeluarkan hormon melatonin yang membuat tidur menjadi 10% lebih lama, lebih nyenyak, dan bangun lebih segar. Tidur berkualitas akan berdampak terhadap kesehatan fisik seperti menurunkan tekanan darah dan membuat Stars people awet muda.

Kesuksesan

Mengucapkan terima kasih secara tulus yang berdampak terhadap kebahagiaan, kontrol emosi dan tidur yang berkualitas, membawa efek positif juga terhadap kesuksesan, karena pada saat bersamaan otak akan mengeluarkan hormon dopamin. Hormon ini memotivasi Stars people untuk bekerja keras mencapai tujuan untuk sebuah kesuksesan.

Kelihatannya mungkin sepele atau bisa jadi ucapan terima kasih adalah sekadar basa basi. Tapi siapa kira bahwa mengucapkan terima kasih dengan tulus akan berdampak sangat positif bagi kita. Mari perbanyak ucapan terima kasih dengan tulus terhadap sekecil apapun kebaikan yang kita terima, Stars people. (CEO Stars-TS)