Donovan Aditya Yahya: “Pemimpin-pemimpin hebat dunia pasti baca buku!”

02:33 on March 20, 2017 by Editor in Capture, CEO cares

Sehebat apapun seseorang pasti ada kekurangan di dalam dirinya. Untuk melengkapi kekurangan yang dimilikinya itu ia bisa belajar dari buku. Donovan Aditya Yahya, Chief Operational Officer Wakasa Autoparts, membagikan pengalamannya membuat program Leadership Development dimana salah satu bentuknya meminta karyawan membaca buku.

Karyawan harus dipaksa untuk membaca

“Pak Terima kasih ya bukunya, menarik. Kata dia setelah saya ‘paksa’ baca buku Developing the leader within you karangan John C. Maxwell. Padahal ia tergolong yang tidak suka buku!” Cerita Adit, panggilan akrab pria yang menyelesaikan studinya di Amerika Serikat ini. Dari pengalamannya ini, Adit menekankan pentingnya seorang pemimpin melakukan sesuatu untuk memintarkan karyawannya. Salah satunya melalui buku.

Mau profesional? Banyak baca!

Adit yang menyadari akan minimnya pengalamannya di industri suku cadang mobil memaksanya untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya dari buku. “Saya ini kan minim pengalaman di industri spare part mobil. Ya mau tidak mau kalau pengen dapat pengetahuan cukup akan apa yang saya tidak tahu, maka jawabannya adalah membaca.” Tegasnya.

Adit punya kebiasaan ngobrol dengan karyawan untuk membangun komunikasi

Belajar dari Starbucks

Ia menyontohkan Starbucks yang berhasil menjadi besar karena budaya. Sama halnya dengan di perusahaannya yang sedang menerapkan sistem pengembangan karyawan melalui budaya belajar. “Jika mau bisnis maju, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah memperbaiki orang-orang di dalamnya.”┬áImbuhnya mengaitkan dengan budaya kedai waralaba asal negeri paman Sam itu sebagai perusahaan yang menekankan pentingnya pengalaman konsumen terhadap brand Starbucks. “Mereka akan mengganti minuman yang dibeli konsumen jika mendapati minumannya jatuh dan menumpahi bajunya. Tujuannya apa? Mereka tidak ingin konsumennya cemberut setelah meninggalkan kedainya.”

Seorang pemimpin pasti punya kebiasaan membaca

Datang saja ke rumah orang-orang hebat, kita akan menjumpai banyak buku. Adit termasuk yang percaya akan itu. “Saya sering datang ke rumah orang-orang sukses, hampir pasti ditemui perpustakaan di rumahnya. Buku dimana-mana.” Inspirasi inilah yang membuatnya ingin menumbuhkan minat baca karyawan. Ia memilih beberapa orang untuk kemudian diberi buku untuk dipelajari.

“Salah satu kunci agar kita bisa bertumbuh adalah dengan menambah pengetahuan kita. Buku bisa membantunya!” Sarannya. (CEO Stars-WS)