Developer Day Ajang Pertemuan Pegiat Industri Kreatif Digital

10:45 on September 6, 2016 by Editor in Capture

Badan Kreatif Ekonomi (BEKRAF) Surabaya bekerja sama dengan Komunitas Developer Dicoding mengadakan event sehari  BEKRAF Developer Day yang diadakan pada hari Minggu, 4 September 2016 di hotel JW Marriott Surabaya. Acara bertema “Membangun Kemandirian Bangsa Melalui Digital” dihadiri para pegiat dan pakar industri kreatif digital seperti: pengembang game dan aplikasi, pengembang web, internet of things, dan lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini industri kreatif memang sedang naik daun. Baik yang non digital seperti: komik dan lukisan, maupun yang digital seperti games dan aplikasi mobile. Kegiatan yang diadakan oleh BEKRAF dan bekerjasama dengan Komunitas Developer Dicoding  di Surabaya ini merupakan rangkaian safari event yang telah digelar di beberapa kota sebelumnya.

Di Surabaya acara ini dibuka oleh  Deputi Bidang Infrastruktur BEKRAF, Hari Sungkari. Selain Hari, hadir pula petinggi BEKRAF yaitu Deputi Akses Permodalan, Fadjar Hutomo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Menurut Walikota Surabaya, Pemkot Surabaya terus berupaya dan mendukung untuk menjadikan Surabaya masuk jejaring kota kreatif UNESCO (UNESCO Creative City Network/UCCN).

“Seperti yang kita ketahui, saat ini kita telah memasuki era digital. Dimana perkembangan teknologi menjadi sarana bagi kita untuk dapat lebih berkembang dan menghadapi tantangan jaman. Semua itu harus disikapi dengan terbuka. Kuncinya adalah mau belajar. Jika kita mau belajar dan berusaha tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.” Urai Tri Rismaharini.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya Jamhadi, juga memberikan  apresiasi positif pada acara  yang bertujuan untuk membangun kemandirian bangsa melalui perangkat digital. Jamhadi yang juga pendiri dan penasehat Surabaya Creative City Forum (SCCF) selanjutnya mengatakan, “Saya berharap bisnis dan industri kreatif di Surabaya lebih berkembang.”

Menurutnya, SCCF dan Kadin Surabaya juga memberikan dukungan agar Surabaya segera bisa masuk dalam jejaring Kota Kreatif Unesco menyusul Pekalongan dan Bandung yang sudah lebih dulu masuk jejaring kota kreatif dunia.

Selanjutnya acara BEKRAF Developer Day dibagi dalam beberapa sesi acara yang bermanfaat bagi developer. Beberapa orang praktisi di dunia digital, seperti aplikasi, web, game, dan Internet of Things, berbagi ilmu berkaitan dengan bidang keahlian masing-masing. Dalam sesi umum, peserta diajak untuk menyimak beberapa sesi keynote yang menghadirkan beberapa pembicara. Setelah keynote selesai, acara selanjutnya akan dimeriahkan dengan sesi Talkshow dari BEKRAF, yang akan menghadirkan beberapa deputi dari institusi tersebut. Acara ini berlangsung sehari penuh mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Diikuti oleh lebih kurang 1200 orang developer di dunia digital. (CEO Stars-TS)