Business Acumen Simulation Apples and Oranges

08:41 on October 11, 2016 by Editor in Capture
Business Acumen Simulation Apples and Oranges

Business Acumen Simulation Apples and Oranges diadakan hari ini di Graha CIMB Niaga, Jalan Sudirman Kavling 58, Jakarta pusat. Simulasi ketajaman bisnis ini diadakan oleh NuPMK Consulting  yang merupakan partner Celemi di Indonesia, sebuah provider pelatihan simulasi bisnis yang berasal dari Swedia. Dalam sambutannya Tini Moeis, pimpinan NuPMK Consulting mengatakan bahwa message value dari pelatihan ini adalah how to create value dalam segala bidang kehidupan, utamanya dalam bisnis.

Simulasi bisnis ini merupakan cara untuk melatih perilaku yang ingin dibangun di masa depan khususnya perilaku dan pola pikir terkait bisnis, membawa peserta untuk terbiasa dengan helicopter view, dan memberikan pemahaman -end to end-  terhadap pengelolaan suatu perusahaan.

Menurut Lekir Amir Daud, Lead Facilitator, “Why business simulation? Agar kita bisa bereksperimen dan belajar mengalami langsung dalam kondisi yang aman.”

Simulasi bisnis juga penting dilakukan agar para peserta mendapatkan gambaran utuh tentang suatu masalah yang akan dihadapi dalam bidang pekerjaan masing-masing. Lebih lanjut Lekir mengatakan, “Training business acumen diadakan untuk menjembatani mindset dan skill set untuk mengasah ketajaman bisnis.”

Pada pelatihan ini peserta dibagi dalam 6 kelompok dan berjalan dengan fun diselingi games yang menarik dan mencairkan suasana. Melalui games peserta diajak untuk berpikir strategis. “Membangun kebiasaan strategic thinking habit lebih baik daripada sekadar langsung merespon atas suatu kejadian agar dapat mempertahankan konsentrasi sampai akhir dalam suatu kondisi,” ucap Ratu Azzah, sebagai Co Facilitator.

Pada training ini peserta dilibatkan dalam proses pembelajaran berbasis studi kasus simulasi. Mereka diajak untuk berpikir layaknya seorang pemilik perusahaan sehingga mereka dapat mengambil keputusan berdasarkan pola pikir bisnis.

Dalam sesi sharing salah seorang peserta mengatakan bahwa ide boleh luar biasa, tapi problem terbesar di banyak perusahaan adalah how to implement the ideas atau melakukan eksekusi.

Pelatihan Business Acumen Simulation Apples and Oranges ini diadakan selama dua hari,11-12 Oktober, diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai latar belakang perusahaan. (CEO Stars-TS)