Berbicara, Problem Terbesar Komunikasi

08:32 on October 9, 2015 by Editor in Capture, CEO insight

Dari survei yang dilakukan CEO Stars, berbicara atau speaking skill dianggap sebagai keahlian komunikasi paling penting bagi para profesional. Profesional yang dimaksud di sini adalah mereka yang berstatus pekerja.

Keahlian berbicara menjadi kebutuhan penting dalam dunia kerja karena erat kaitannya dengan orang lain. Sebanyak 55% responden mengaku bahwa speaking skil penting dalam suksesnya berkomunikasi di tempat kerja. Berikutnya adalah keahlian mendengar atau listening skill dengan 36% dan menulis atau writing skill 9%. Meski keahlian membaca (reading skill) oleh sebagian responden dianggap sebagai kelemahannya, namun mereka tidak menganggapnya sebagai hal paling utama dalam berkomunikasi mengingat rata-rata pekerja tidak bermasalah dengan salah satu keahlian dalam berkomunikasi ini.

Lingkungan Sekitar Berpengaruh
Ditanya tentang dari mana mereka belajar komunikasi, lingkungan sekitar memegang pengaruh paling besar. Kemudian disusul pendidikan formal maupun non-formal, dan buku di posisi ketiga. Menariknya kehadiran media sosial memengaruhi perkembangan belajar masyarakat. Beberapa responden mengaku belajar komunikasi justru dari social media. Selain itu buku juga memegang peran tak kalah penting dalam menjadikan seseorang pintar berkomunikasi. Menariknya, seorang tokoh atau figur publik yang diidolakan juga punya peran dalam menjadikan keahlian berkomunikasi seseorang lebih baik.

Rata-Rata Bermasalah Di Tempat Kerja
Jika Stars people selama ini mengaku pernah mengalami kebuntuan dalam berkomunikasi di tempat kerja, Anda tidak sendiri. Setidaknya 82% responden mengalaminya juga. Sementara hanya 18% dari total responden yang mengaku tidak pernah mengalami permasalahan di dunia kerja yang disebabkan oleh faktor komunikasi. Ternyata komunikasi benar-benar problem bersama banyak orang di dunia kerja. Itulah mengapa responden mengaku pentingnya pelatihan komunikasi di perusahaan.

Semua Butuh Pelatihan Komunikasi
Meski hanya sebagian yang menjadikan keahlian berbicara sebagai kelemahan diri, namun para responden mengaku butuh pelatihan komunikasi. Sebanyak 100% alias semua responden mengaku butuh pelatihan komunikasi. Dari tiga opsi jawaban yakni sangat penting, penting, dan biasa saja, 95,5% respoden mengaku communication skill sangat penting dan sisanya yakni hanya 4,5% menjawab penting. (CEO Stars-FH)