Berapa Jumlah Relasi Anda?

06:17 on October 3, 2015 by Editor in Capture, CEO insight

Bisnis yang baik dan berkembang bukan hanya ditentukan oleh perencanaan matang, produk berkualitas, promosi maupun elemen pendukung lain, melainkan juga kemampuan sang CEO dalam membangun relasi. Relasi bisnis bukan hanya dengan siapa Stars People bekerjasama, namun juga siapa yang mendukung dan berpotensi membangun brand kita.

Jeffrey W. Meshel, penulis yang dikenal sebagai “orang yang kenal dengan semua orang”, menulis dalam bukunya “​Secret of a Master Networker”, bahwa mengasah keterampilan networking itu seperti membangun kepercayaan, hubungan dan menjaga jalinan network. Ia sendiri memliki 50.000 nama di kotak kartu namanya.

Bagaimana rahasia membangun relasi luas dan berkualitas? Berikut beberapa hal yang bisa Stars people lakukan :

Buat lawan bicara sebagai orang paling penting
Ketika Stars people bertemu dengan teman relasi, hal yang terpenting adalah membuat mereka merasa nyaman. Dengan cara perlakukan ia seperti orang paling penting yang pernah Anda temui. Hal tersebut akan menimbulkan efek positif dan akan selalu diingat olehnya.
 
Jadilah orang yang lebih tertarik daripada menarik
Seringkali tanpa disadari kita lebih suka mendominasi percakapan mencoba agar bisa mendapatkan perhatian orang lain dan mereka berpikir kita menarik. Boleh saja berbicara tentang diri sendiri, namun dalam porsi sewajarnya. Lawan bicara akan fokus pada kita, jika kita bisa membuatnya terlihat menarik.

Di setiap waktu dan kesempatan, tidak pernah lupa untuk selalu memperkenalkan diri. Orang akan lebih mengingat brand Anda dibanding nama lengkap Anda.

Ingat selalu kawan lama
Seringkali saat sukses tercapai, seseorang mulai melupakan orang-orang yang dulu pernah membantunya. Percaya atau tidak orang yang Stars People kenal pasti berhubungan dengan koneksi kita, baik langsung maupun tidak. Munculkan kesan baik demi hubungan jangka panjang.

Saling kenalkan relasi bisnis
Dengan memperkenalkan dua orang dalam jaringan bisnis, maka kita bisa memberikan sinergi yang positif terhadap keduanya. Dan akan memberi dampak positif berupa kepercayaan lebih kepada relasi bisnis serta menimbulkan betapa pentingnya mereka dalam hubungan bisnis tersebut.

Sebelum meminta, berilah terlebih dahulu
Cara termudah untuk menjadi berharga bagi orang lain adalah membantunya dalam memecahkan masalah. Pada awalnya memang tidak mudah meminta orang lain menceritakan masalahnya. Percayalah bahwa apa yang kita lakukan pasti berbalik. Menanam baik, menuai baik. Kuncinya adalah memberi dengan tulus dan tanpa pamrih. Suatu saat bantuan akan datang tanpa diminta, saat Stars People memerlukan. Let us begin to connect! (CEO Stars-AL)