Berapa Harga Sebuah Kesuksesan?

09:43 on July 11, 2015 by Editor in Capture, Competitive

Adakah yang mampu menjawab berapa sebenarnya harga dalam nominal rupiah dari sebuah sukses itu? Kalau ada, kami yakin semua orang akan berbondong-bondong menemuinya. Sama seperti Stars people pikirkan, saya sendiri 100% yakin tak akan ada yang mampu menjawabnya. Paling mentok semua orang akan menjawab “relatif”, bergantung pada orangnya. Memang, harga sukses setiap orang tidak sama. Bisa jadi seharga kemeja yang dipakai pertama kali saat interview yang menjadikan seseorang berada di puncak jabatan perusahaan tempat bekerja sekarang, bisa seharga mobil, bisa pula senilai nominal ‘tak terhitung’ karena saking seringnya mencoba.

Menjual Anjing Kesayangan

Mengingat-ingat kegagalan memang tak senyaman mengingat keberhasilan. Bagi sebagian orang bisa jadi itu sangat menyakitkan. Tapi bila kita mau menanyakan satu per satu orang-orang yang kita temui, semua pasti mengantongi ‘harga’ yang harus dibayarkan untuk kesuksesannya. Termasuk aktor kenamaan Hollywood, Sylvester Stallone. Mencuri perhiasan istri karena begitu desperate-nya, tidak punya rumah, hingga tidur selama tiga hari di terminal pernah dilakoninya. Bahkan Stallone pernah menjual anjing kesayangannya demi 25 dolar AS karena tak mampu memberinya makan.

Dua minggu setelahnya, ia menonton pertandingan tinju antara Muhammad Ali melawan Chuck Wepner, yang memberinya inspirasi menulis skrip untuk film ternama, Rocky. Ia mendatangi sebuah studio film dan menawarkan pada sang sutradara. Semula sutradara menawarnya 125.000 dolar AS. Tapi ia menolak karena satu permintaanya ditolak, yakni ingin menjadi bintang di film tersebut. Tentu sutradara menolak karena pihaknya hanya menginginkan skrip film dan bukan penulisnya. Apa kata dia? “Wajahmu terlalu lucu dan tentu aku mencari aktor betulan untuk akting ini.”

Dicatat Sepanjang Sejarah

Beberapa hari kemudian sang sutradara menaikkan tawarannya menjadi 250.000 dolar AS. Stallone bergeming meski tawaran dinaikkan menjadi 350.000 dolar. Ia hanya ingin dilibatkan di film tersebut dan menjadi pemeran utamanya, yakni Rocky. Akhirnya permintaannya disanggupi. Ia pun dibayar 35.000 dolar dan menjadi pemeran utama di film yang akhirnya dicatat dalam sejarah. Meraih penghargaan di ajang bergengsi perfilman, Academy Awards, sebagai Best Picture, Best Directing dan Best Film Editing at the Prestigious. Bahkan ia dinominasikan sebagai Best Actor.

Sylvester Stallone di film Rocky, yang mengantarkannya sebagai aktor yang dicatat sejarah.

Sylvester Stallone di film Rocky, yang mengantarkannya sebagai aktor yang dicatat sejarah.

Apa yang diakukannya pertama kali dengan bayaran 35.000 dolar? Ia membeli kembali anjingnya dengan tawaran harga 100 dolar AS! Apa yang terjadi? Pemiliknya menolak! Meski aktor bertubuh kekar ini menaikkan hingga 500 dolar, lalu 1.000 dolar karena masih pula tak dilepas oleh pemilik barunya. Hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan anjing kesayangannya kembali dengan 1.500 dolar AS. Padahal sebelumnya Stallone melepas dengan harga hanya 25 dolar AS.

Tamparan Paling Memalukan

Gagal memang menyakitkan. Penolakan atas ide-ide brilian hanya karena seseorang tersebut bukan siapa-siapa adalah penghinaan. Bahkan cemoohan karena bertampang lucu dan tak layak menjadi aktor cuma karena tak pernah bermain film adalah tamparan paling memalukan. Hati boleh saja hancur, tetapi sepanjang nyawa masih di kandung badan, maka mimpi itu tetaplah ada. Hanya masalah waktu dan keberanian untuk meyakinkan semua orang bahwa keyakinan diri sendiri jauh lebih besar daripada keraguan banyak orang di luar sana.

Bila Stallone membayar kesuksesannya seharga menjual semua yang ia punya termasuk anjing kesayangan, berapa harga kesuksesan Anda? (CEOStars-FH)