Belajar Bisnis Dari 5 Pesan Bijak Jack Ma

03:29 on August 11, 2017 by Editor in Capture

Siapa yang tak kenal Alibaba? Bisnis e-commerce terbesar di China yang berhasil menggurita hingga seluruh dunia dan satu-satunya perusahaan non-Amerika yang mampu bersaing dengan Amazon, perusahaan sejenis milik Amerika Serikat. Di balik sukses Alibaba group selalu tersimpan cerita pendirinya, Jack Ma, yang berhasil membidani bisnis yang mampu mengubah pola pikir banyak pelaku bisnis ini. Di sebuah forum, Jack Ma menyampaikan bahwa penting bagi siapapun orangnya untuk membangun optimisme.

 

“Entrepreneur sejati tidak butuh infrastruktur, Entrepreneur menciptakan infrastruktur.” Jack Ma

1. Pengusaha tahan di segala kondisi

Tidak ada kepastian dalam hidup. Di bisnis apalagi. Itulah mengapa Jack Ma berpesan pada business leader agar mampu bertahan di segala kondisi. Apapun kondisinya harus siap. Bercerita tentang awal mula membangun Alibaba, Jack Ma ingat banyak orang meragukan Alibaba bisa tumbuh pesat di China mengingat regulasi dan infrastruktur yang tidak mendukung waktu itu. Kata Jack Ma, “Entrepreneur sejati tidak butuh infrastruktur, Entrepreneur menciptakan infrastruktur.”

2. Pengusaha punya tekat, buang kekhawatiran

Ia juga menambahkan, betapa banyak pengusaha gagal atau mereka yang baru akan memulai. Bukan karena faktor eksternal, melainkan kecemasan yang berlebihan. “Buang kekhawatiran. Kekhawatiran hanya hanya akan merugikan Anda.” Tegasnya. Dengan keyakinan tinggi, seorang CEO atau pemimpin bisnis akan mampu menemukan cara terbaiknya bila ia menemukan pintu kegagalan.

3. Pengusaha harus bisa meyakinkan banyak orang

Inilah, Kata Jack Ma, hal tersulit dalam mengelola bisnis: meyakinkan banyak orang. Siapa yang perlu diyakinkan di sini? Siapa saja yang ada di sekitar sang business leader tersebut. Bisa rekan bisnis, bisa karyawan, pemegang saham, pemerintah, dan lain sebagainya. Jika seorang pemimpin punya kemampuan meyakinkan orang lain, maka akan mendatangkan banyak keuntungan baginya.

“Think globally, win locally.” Jack Ma

4. Pengusaha merekrut orang-orang terbaik

Bila Stars people bergerak di bisnis e-commerce, maka pesan bijak Jack Ma yang satu ini sebaiknya terus diingat, “Jika Anda bisa merekrut banyak perempuan di e business, mereka akan menjadikan bisnis Anda sukses.” Menurut pria yang dalam hidupnya sering mengalami penolakan ini, perempuan memiliki kejelian dan kesabaran lebih tinggi dibanding pria. Itulah sebabnya Alibaba group banyak merekrut perempuan.

5. Pengusaha hebat berpikir global dan memenangkan lokal

Pesan terakhir Jack Ma, “Think globally, win locally.” Ini era dimana persaingan tidak lagi terbatas pada bangunan, wilayah, kota, dan negara. Setiap pebisnis akan mendapatkan pesaing dari banyak orang di seluruh dunia sejak internet mengubah cara orang berpikir dan berbisnis. Berpikir global dimaksudkan agar bisa terus melihat sesuatu dari sudut yang lebih luas sehingga bisa menambah referensi. Memenangkan lokal merupakan hal wajib, mengingat konsumen dari bisnis pastinya banyak masyarakat lokal.

Jack Ma menambahkan sudah tidak ada lagi made in China, made in USA di masa depan. Yang ada adalah “buatan internet”. Siapa saja dapat terhubung dengan internet. Jika bisnis Stars people ingin maju, maka bisnis tersebut harus terkoneksi dengan internet. Selamat bersaing! (CEO Stars – RD)